Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman Tablet Catat Rekor, iPad Masih Mendominasi

Kompas.com - 24/08/2012, 14:52 WIB

KOMPAS.com — Pasar global untuk perangkat tablet melanjutkan pertumbuhannya dan diprediksi akan melampaui 100 juta unit pada 2012. Hal ini diungkapkan oleh lembaga riset ABI Research pada Kamis (23/8/2012).

Seperti dikutip dari AFP, menurut ABI Research, kuartal April-Juni mencatat sebuah rekor baru untuk pengiriman tablet hampir 25 juta unit—naik 36 persen dari kuartal sebelumnya dan 77 persen tahun-ke tahun.

Pengiriman untuk tablet besutan Apple, iPad mendominasi dengan capaian hampir 69 persen dari total pengiriman.

"Yang paling mengesankan pengiriman sekitar 17 juta tablet Apple (iPad) pada kuartal kedua yang hampir menyamai total pengiriman 17,3 juta di seluruh dunia pada 2010 untuk semua vendor," kata Jeff Orr, seorang analis ABI.

Itu termasuk pengapalan hampir satu juta iPad 2 ke pelanggan pendidikan AS, yang dibanderol lebih murah.

Samsung dengan Galaxy Tab-nya menempati penjualan terbesar kedua dengan lebih dari 8 persen dan diikuti oleh Amazon dan Asus Taiwan, sementara Dell dan LG ditarik keluar dari pasar.

Dengan tablet baru dari Google, Nexus 7 masuk pasaran dan tablet Microsoft Surface, ABI mengatakan, pihaknya memperkirakan tren pertumbuhan akan berlanjut.

"Pasar tablet berada di jalur untuk 102 hingga 110 juta pengiriman ke seluruh dunia untuk setahun penuh 2012," kata Orr.

Banyak analis percaya bahwa Apple akan meluncurkan versi yang lebih kecil dari iPad-nya (iPad mini) pada tahun ini, dan bahwa Amazon akan merilis Kindle Fire versi upgrade.

Microsoft pun telah mengumumkan untuk merilis tablet Surface pada akhir Oktober ini. Acer dan Asus dari Taiwan merencanakan tablet menggunakan Windows 8 dari Microsoft.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com