Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Coba Netral Soal Apple Vs Samsung

Kompas.com - 27/08/2012, 14:54 WIB

KOMPAS.com — Setelah dewan juri pengadilan AS mengeluarkan putusan bahwa Samsung melanggar beberapa paten Apple, kedua perusahaan dengan cepat mengeluarkan pernyataan. Sebagai pemilik sistem operasi Android, Google pun ikut mengeluarkan pernyataan.

Google menyatakan bahwa keputusan dewan juri tidak berhubungan dengan sistem operasi Android itu sendiri.

Seperti diketahui, beberapa hal yang dipermasalahkan Apple dalam konteks perangkat lunak (software) adalah tampilan antarmuka Android yang dikostumisasi oleh Samsung. Tampilan Android pada produk Samsung ini diberi nama TouchWiz.

Google cenderung menempatkan dirinya berada di posisi netral. "Pengadilan banding akan meninjau pelanggaran dan validitas klaim paten dari kedua perusahaan. Sebagian besar tidak berhubungan dengan sistem operasi Android yang utama, dan beberapanya sedang kembali diperiksa Kantor Paten Amerika Serikat."

Pihak Google melanjutkan, saat ini industri perangkat mobile—termasuk para pendatang baru—sedang membangun ide-ide yang telah ada selama beberapa dekade. "Kami bekerja sama dengan para mitra untuk memberikan produk konsumen yang inovatif dan terjangkau, dan kami tidak ingin melakukan apa pun untuk membatasi hal itu," demikian diungkapkan Google.

Apple selama ini melancarkan gugatan hak paten kepada para produsen Android. Apple belum melancarkan gugatan kepada Google.

Sebelum pendiri Apple, Steve Jobs, meninggal pada 5 Oktober 2011 lalu, ia sempat berkata hendak menghancurkan Android yang dinilai telah mencuri ide-ide sistem operasi iOS milik Apple. Jobs bahkan bersedia menggunakan kekayaan Apple di bank untuk perang "termonuklir" melawan Android.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com