Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejutan di Konferensi "Belalai Gajah"

Kompas.com - 01/09/2012, 14:32 WIB

Sartika Kurniali Suasana Evernote Trunk Conference 2012


KOMPAS.com -
Sartika Kurniali, penulis buku komputer, turut menghadiri Evernote Trunk Conference di San Francisco, Amerika Serikat pada 24 Agustus 2012. Berikut adalah catatan-catatan yang berhasil dikumpulkannya dari kegiatan tersebut:

Penulis: Sartika Kurniali*,

San Francisco - Evernote baru saja mengadakan perhelatan tahunan terbesarnya, yaitu Evernote Trunk Conference (ETC). Kehormatan untuk mengisi sesi pertama tentunya diberikan kepada Phil Libin selaku CEO Evernote. Phil pun langsung membuka konferensi dengan sederetan berita terbaru tentang keadaan perusahaan dan tentunya rilis produk layanan terbarunya.

Peserta konferensi pun dikejutkan oleh peluncuran produk baru, yaitu Evernote Business. Berupa layanan Evernote yang telah dioptimalkan untuk segmen perusahaan.

Pada dasarnya layanan yang akan dinikmati oleh pengguna Evernote Business mirip dengan layanan yang dinikmati oleh pengguna premium. Namun, pengguna bisa mendapatkan kuota data bulanan yang empat kali lebih besar dan disertai beberapa fitur tambahan terkait manajemen pengguna dan pembayaran.

Walaupun konferensi ini baru menginjak tahun keduanya, tampak bahwa startup yang baru berumur empat tahun dan berbasis di California ini telah berkembang jauh.

Sebagai perbandingan, di tahun lalu konferensi yang pertama dihadiri sekitar dua ratus sampai tiga ratus orang peserta. Kala itu Evernote memiliki delapan puluh lima orang karyawan, lima ribu pengembang aplikasi yang menggunakan API nya, dan dua belas juta pengguna.

Sedangkan tahun ini konferensi dihadiri oleh hampir seribu orang yang terdiri dari seluruh komunitas global pengguna, pengembang, dan rekanan Evernote. Kali ini Evernote memiliki dua ratus tiga puluh orang karyawan, lima belas ribu pengembang aplikasi yang menggunakan API nya, dan tiga puluh lima juta pengguna.

"Kami telah tumbuh kurang lebih tiga kali lipat dari tahun lalu," ujar Phil.

Selain itu ekstensi Evernote Clearly versi browser Chrome pun mendapatkan penambahan fitur. Clearly membuat pembaca fokus kepada isi halaman web dengan menghilangkan iklan dan tampilan mengganggu lainnya. Kini bisa menampilkan catatan lain yang terkait dan memungkinkan pengguna menandai bagian halaman yang penting.

Integrasi juga dilakukan dengan eReader tablet terbaru milik Sony. Hal ini memungkinkan pengguna mengambil catatan dari akun Evernote dan mengunduhnya ke dalam perangkat untuk dibaca di mana dan kapan saja.

Namun, yang paling mendapat sambutan meriah peserta adalah pengumuman kerja sama Evernote dengan Moleskine, produsen buku catatan premium dari Italia. "Selama ini kami hanya memiliki satu saingan, yaitu kertas. Dan ini menyebalkan karena saya menggunakannya juga. Jadi, hari ini saya mengumumkan genjatan senjata," ujar Phil.

Kerja sama keduanya ini melahirkan "buku catatan pintar" yang memungkinkan pengguna tetap nyaman membuat catatan secara konvensional di atas kertas, tetapi bisa langsung mendapat versi digitalnya dengan menggunakan fitur Page Camera yang baru tersedia di platform iOS.

Catatan yang ditulis bisa ditempeli Smart Sticker yang akan dikenali oleh aplikasi Evernote sehingga secara otomatis menambahkan tag tertentu ke catatan versi digital dan sekaligus menyimpannya di buku catatan digital tertentu.

Akan sangat menarik untuk melihat bagaimana reaksi para pengguna terhadap produk dan layanan terbaru dari Evernote ini.

* Tentang Penulis: Sartika Kurniali senang menjajaki peluang dan ide-ide baru di tempat kerja. Dia juga seorang dosen, penulis buku komputer dan internet, dan sesekali menjadi pembicara publik. Dia menyukai segala hal tentang internet dan dapat dihubungi melalui Linkedin, blognya, dan Twitter @SartikaKurniali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com