Persaingan Komputer Tablet Makin Sengit di 2012 - Kompas.com

Persaingan Komputer Tablet Makin Sengit di 2012

Kompas.com - 05/09/2012, 10:47 WIB

MicrosoftSurface Touch Cover, penutup sekaligus keyboard dan touchpad untuk tablet Surface besutan Microsoft

KOMPAS.com - Persaingan yang ketat dalam bisnis komputer tablet akan dimulai tahun 2012 ini. Tablet bisa menjadi perangkat yang membawa perubahan besar dalam aktivitas menggunakan komputer.

Tablet bukan lagi sebuah komputer tipis dalam genggaman, yang dinavigasi melalui sentuhan jari. Perusahaan teknologi ramai-ramai memperluas definisi tablet.

Ada perusahaan yang terobsesi memanfaatkan tablet sebagai buku digital. Ada pula yang memaksimalkannya untuk menunjang produktivitas. Tak heran jika di masa depan tablet akan disertai dock papan ketik (keyboard).

Berikut adalah perusahaan-perusahaan teknologi yang terlibat "perang" besar bisnis tablet tahun ini.

Apple akan merilis iPad Mini untuk memperluas pasar

Steve Jobs pernah menolak ide pembuatan tablet berukuran 7 atau 8 inci. Namun persidangan Apple vs Samsung di Amerika Serikat, mengungkap fakta bahwa Jobs telah merestui tablet yang lebih kecil ukurannya.

Di akhir tahun ini, kuat diduga Apple bakal meluncurkan tablet iPad Mini yang berukuran di bawah 8 inci. iPad Mini akan dijual dengan harga yang terjangkau, untuk menjangkau segmen konsumen menengah.

Google Nexus 7, agar layanan web Google dipakai

Google selaku pemilik sistem operasi mobile Android, telah membuat tablet berukuran 7 inci bernama Nexus 7.

Selain model Wi-Fi, Google akan membuat Nexus 7 dalam versi 3G. Google ingin agar pengguna Nexus 7 memakai layanan webnya secara maksimal, seperti GMail, Google+, dan toko online multimedia Google Play, yang di dalamnya mencakup konten buku, video, musik dan aplikasi.

Microsoft Surface yang masih mencari strategi

Tak hanya Google, Microsoft pun membuat tablet sendiri bernama Surface. Ia berjalan dengan sistem operasi Windows 8 (untuk tablet berarsitektur prosesor Intel) dan Windows 8 RT (untuk tablet berarsitektur prosesor ARM).

Untuk menunjang produktivitas kerja, Microsoft membekali Surface dengan dock papan ketik (keyboard). Para mitra Microsoft seperti Sony, HP, Dell, dan Samsung, juga membuat tablet Windows 8 yang dibekali dock keyboard.

Dock keyboard seakan menjadi jawaban atas kegelisahan para profesional yang kurang nyaman dengan fungsi layar sentuh tablet selama ini.

Amazon perlu tablet untuk melindungi bisnis online

Tablet Kindle Fire besutan Amazon memang tak masuk pasar Indonesia. Tapi di Amerika Serikat, Kindle Fire meraih pangsa pasar cukup besar, bahkan mampu bersaing dengan iPad.

Amazon memfokuskan fungsi Kindle Fire sebagai buku digital. Perusahaan yang didirikan oleh Jeff Bezos ini menyediakan banyak konten buku elektronik (e-book) di situs webnya, mereka seakan menyediakan perpusatakaan digital besar untuk pengguna.

Selain itu, Amazon juga menyediakan konten musik, video dan game. Dengan layanan lengkap ini, bisnis online Amazon tetap terjaga. 

EditorReza Wahyudi
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM