Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Reviews

Xperia Acro S, Android Anti-Air dan Tahan Banting

Kompas.com - 05/09/2012, 12:23 WIB

 

 

KOMPAS.com - Ponsel atau barang elektronik lain pada umumnya bukanlah barang yang layak terkena air. Salah sedikit, benda cair itu bisa merembes masuk dan merusak komponen internal yang sensitif. 

Ini tak berlaku untuk Sony Xperia Acro S. Inilah smartphone besutan Sony yang terbungkus dalam balutan casing berserfitikasi IP-57. Artinya, Acro S mampu bertahan selama lebih kurang setengah jam di kedalaman air hingga 1 meter. Selain itu, smartphone ini juga anti debu dan tahan benturan.

Bukan hanya berbodi tangguh, jeroan Xperia Acro S pun bertenaga. Sony menanamkan prosesor Qualcomm MSM8260 (S3) dual-core berkecepatan 1,5 GHz dipadu RAM sebesar 1 GB. Pemroses grafisnya menggunakan Adreno 220.

Selain itu, masih banyak lagi yang ditawarkan oleh smartphone ini. Untuk pembahasan selengkapnya, silakan simak ulasan berikut.

Desain

sony_xperia_acro_s_back_front

Bentuk fisik Xperia Acro S tampak mirip dengan smartphone seri NXT lainnya dari Sony. Layar berukuran 4,3 inci dilapisi kaca tahan gores mineral glass yang tampil mengkilap, dikelilingi bingkai berwarna hitam glossy.

Kesannya minimalis dan berkelas, namun agak sulit dibedakan dari saudara-saudaranya sesama smartphone Sony Xperia.

Di bagian muka terdapat tiga buah soft button, yaitu "home", "return" dan "menu". Ada pula unit kamera depan dengan resolusi 1,3 megapixel yang sanggup merekam video 720p.

Bagian belakang Xperia Acro S terbuat dari plastik bertekstur halus mirip karet. Sebuah kamera utama dengan resolusi 12 megapixel mirip dengan yang terdapat pada saudaranya, Sony Xperia Ion, ditempatkan di sini.

Adapun baterai tidak bisa diganti karena casing smartphone ini memang tak bisa dibuka.

Dengan ketebalan 12 mm dan berat 147 gram, Xperia Acro S terasa agak "gemuk". Di sisi kanannya ada tombol power, pengatur volume, dan kamera.

sony_xperia_acro_s_side

sony_xperia_acro_s_slots

Sisi kiri memuat slot SIM card dan micro-SD card, keduanya terlindung dibalik mekanisme penutup khusus yang kedap air Membukanya agak repot, terutama untuk tray SIM card yang terkesan ringkih, tetapi setidaknya pengguna tak perlu khawatir ponsel ini bakal rusak ketika tercemplung ke dalam air.

Di bagian ini juga terdapat dua buah kontak logam yang digunakan untuk mengisi baterai selagi Xperia Acro S terpasang pada docking yang disertakan dalam paket penjualan. Karena terbuka tanpa penutup, kontak ini menimbulkan sedikit kekhawatiran soal ketahanan air dari ponsel yang bersangkutan.

sony_xperia_acro_s_top

Konektor lainnya, yaitu port HDMI, USB, dan konektor audio 3,5 mm terletak di bagian atas dan dilindungi penutup anti-air serupa.

sony_xperia_acro_s_water

Lalu, apakah smartphone ini benar-benar tahan air? Ternyata memang demikian. Saat KompasTekno mencemplungkan ke air ataupun disiram, Xperia Acro S tetap berfungsi dengan baik. Pun demikian dengan layar sentuhnya yang masih merespon dengan cepat walaupun dipakai dengan jari-jari basah.

Kontak logam terbuka yang sempat diragukan sebelumnya juga tidak menimbulkan masalah.

Kemasan dan Paket Penjualan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com