Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Baterai Lumia Lewat Bantal dan Speaker

Kompas.com - 06/09/2012, 08:23 WIB

evleaksAlat pengisi daya baterai secara nirkabel untuk smartphone

KOMPAS.com - Smartphone berbasis Windows Phone 8 besutan Nokia, Lumia 820 dan Lumia 920, dibekali teknologi pengisian baterai tanpa perantara kabel (wireless). Untuk mengisi daya baterai Lumia, pengguna tinggal meletakannya di perangkat aksesori khusus.

Beberapa perusahaan siap membuat aksesori pengisi daya baterai smartphone secara nirkabel. Perusahaan teknologi audio JBL akan membuat aksesori dock speaker sekaligus pusat pengisi baterai nirkabel. Begitu pula perusahaan furnitur Fatboy yang membuat aksesori berbentuk bantal.

Aksesori dock speaker sekaligus pengisi daya baterai nirkabel dari JBL - Photo by Engadget

Aksesori pengisi daya baterai berbentuk bantal dari Fatboy - Photo by Engadget

Dalam acara peluncuran Lumia 820 dan 920 di New York, AS, Rabu (5/9/2012), Nokia menyatakan niat untuk meletakkan aksesori bantal ini dalam ruangan Virgin Atlantic di bandara Heathrow, London, dan JFK, New York, serta kedai Coffee Bean dan Tea Leaf di kota metropolitan terpilih.

Teknologi pengisian baterai nirkabel ini menggunakan metode induksi.

Khusus Lumia 920, smartphone ini memenuhi standar Wireless Qi. Sedangkan Lumia 820, opsional untuk standar Wireless Qi.

Standar Wireless Qi ditetapkan oleh Wireless Power Consortium (WPC). WPC adalah sebuah konsorsium yang dibentuk oleh perusahaan teknologi besar, seperti Nokia, Sony, Texas Instrument, dan Samsung, untuk mengembangkan serta mempromosikan wireless charging berbasis induksi.

Lumia 820 dan 920 telah dibekali cip Near Field Communication (NFC). Dengan cip ini, smartphone Lumia bisa digunakan sebagai uang digital untuk belanja, atau dihubungkan dengan perangkat lain yang juga dibekali NFC.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com