Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringkat Web Dunia: Indonesia Peringkat Ke-34

Kompas.com - 06/09/2012, 09:52 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

ADELAIDE, KOMPAS.com — Indonesia menduduki peringkat ke-34 negara yang paling efektif menggunakan internet guna meningkatkan kesejahteraan penduduknya. Swedia berada di peringkat pertama dan Australia berada di peringkat kedelapan.

Peringkat ini dikeluarkan oleh Tim Berners-Lee, tokoh yang menciptakan internet, yang sekarang membuat yayasan bernama The World Wide Web Foundation, yang melakukan penelitian untuk melihat dampak ekonomi, sosial, dan politik penggunaan internet. Mereka membuat apa yang disebut Web Index bagi 61 negara dengan kriteria mulai dari jumlah penduduk yang sudah bisa mengakses internet sampai ke bahan internet berguna yang tersedia untuk diakses.

Dalam keterangannya kepada pers hari Rabu (5/9/2012), Tim Berners-Lee mengatakan bahwa belum semua data ini tersedia dari seluruh negara di dunia sehingga memungkinkan adanya perbandingan. "Untuk yang paling mendasar, pertanyaannya adalah apakah semua orang bisa mengakses internet? Apakah mereka sudah memiliki telepon untuk bisa menggunakan internet," kata Berners-Lee kepada kantor berita Reuters.

Tidak mengherankan kalau peringkat teratas Web Index ini diisi oleh negara-negara maju. Swedia berada di peringkat pertama disusul Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Finlandia. Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, untuk kawasan Asia Pasifik, Australia berada di peringkat kedelapan, disusul Singapura ke-11, dan Korea Selatan ke-13. Agak mengejutkan bahwa Jepang hanya berada di peringkat ke-20. Indonesia berada di peringkat ke-34, satu peringkat di bawah India, sedangkan China di peringkat ke-29.

Negara tetangga Indonesia, Malaysia, sama sekali tidak masuk dalam indeks tersebut. Menurut Berners-Lee, 30 persen dari negara yang sudah masuk dalam indeks masih mengalami pembatasan dari pemerintah guna mengakses internet, sementara separuh lainnya menghadapi ancaman terhadap kebebasan pers. "Internet adalah pembicaraan global. Meningkatnya penindasan terhadap kebebasan berbicara, baik di internet maupun dalam kehidupan sehari-hari mungkin adalah tantangan paling serius bagi masa depan internet." kata Berners-Lee.

Peringkat internet dunia:
1. Swedia
2. Amerika Serikat
3. Inggris
4. Kanada
5. Finlandia
6. Swiss
7. Selandia Baru
8. Australia
9. Norwegia
10. Irlandia
11. Singapura
13. Korea Selatan
20. Jepang
29. China
33. India
34. Indonesia
58. Benin
59. Burkina Faso
60. Zimbabwe
61. Yaman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com