Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapore Airlines Investasikan 50 Juta Dollar AS untuk Internet

Kompas.com - 06/09/2012, 15:46 WIB
Haryo Damardono

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Maskapai Singapore Airlines pada hari Kamis (6/9/2012) ini secara resmi meluncurkan konektivitas dalam penerbangan (In-Flight Connectivity) sebagai bagian dari program senilai 50 juta dollar AS. Program ini untuk menyediakan layanan internet dan mobile data bagi para pelanggan, bahkan saat mereka terbang pada ketinggian 35.000 kaki.   

"Peningkatan kemampuan konektivitas mobile dan Internet merupakan langkah awal, layanan ini memungkinkan para pelanggan kami untuk tetap terhubung bahkan saat terbang pada ketinggian 35.000 kaki. Masih akan ada investasi yang lebih banyak pada bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang untuk menjaga agar para pelanggan kami tetap terhubung dan terhibur," ujar Tan Pee Teck, Senior Vice President Product and Services, Singapore Airlines, Kamis ini dalam siaran persnya.

Setelah peluncuran terbatas (soft launch) pada sejumlah pesawat, konektivitas dalam penerbangan mulai tersedia pada 14 pesawat dalam armada Singapore Airlines, termasuk pada lima pesawat Airbus A340-500 yang dioperasikan untuk penerbangan non-stop terjauh di dunia, dari Singapura menuju New York dan Los Angeles. Layanan ini juga telah diperluas ke pasar-pasar lain seperti seperti Australia, di mana sebelumnya persetujuan dari regulator belum pernah diperoleh.

Para penumpang dapat berselancar di internet, mengirim dan menerima email melalui smartphone dan perangkat elektronik lainnya , serta mengirim dan menerima pesan teks SMS melalui telepon seluler GSM yang kompatibel .

Melalui kemitraan dengan penyedia konektivitas terkemuka OnAir, teknologi ini secara bertahap akan diterapkan di seluruh pesawat jarak jauh Singapore Airlines seperti Airbus A380 -800, A340- 500 dan Boeing 777 -300ER dalam dua tahun ke depan.

Layanan tersebut tersedia pada rute di mana terdapat pesawat yang telah dilengkapi dengan teknologi ini tengah dioperasikan, serta tergantung pada persetujuan otoritas di masing-masing negara . Sebuah peta yang mengindikasikan ketersediaan layanan tersebut saat melintasi negara tertentu akan muncul pada majalah hiburan dalam pesawat KrisWorld Singapore Airlines.

Singapore Airlines mulai hari ini juga telah memperkenalkan harga promosi untuk akses internet nirkabel . Hingga 30 November 2012, tarifnya 25 dollar Amerika untuk data sebesar 30 megabyte dan 10 dollar AS untuk data sebesar 10 megabyte . Sebelumnya harga layanan ini mencapai 29,95 dollar AS untuk data 26 megabyte dan 11,95 dollar AS untuk data 10 megabyte .

Maskapai ini juga melakukan promosi bersama dengan SingTel yang memungkinkan para pelanggannya untuk menikmati diskon tarif roaming hingga 40 persen untuk layanan pengiriman pesan teks dan data GPRS selama penerbangan. Diskon tarif roaming terdapat pada website SingTel dan promosi bersama ini akan berlangsung sampai dengan 31 Maret 2013    

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com