Iklan Sedikit Menipu, Nokia Minta Maaf - Kompas.com

Iklan Sedikit Menipu, Nokia Minta Maaf

Kompas.com - 07/09/2012, 07:35 WIB

KOMPAS.com — Untuk membuktikan kemampuan Optical Image Stabilization (OIS) yang ada di Lumia 920, Nokia membuat video promosi. Ternyata, bukan pujian yang didapatkan Nokia atas video tersebut, melainkan kritikan!

Di iklan yang dihadirkan oleh Nokia tersebut, terlihat dua orang yang sedang mengendarai sepeda. Salah satu dari orang tersebut memegang Lumia 920 dan merekam kegiatan rekannya.

Jika dilihat secara sepintas, memang tidak ada yang aneh dari video tersebut. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, terlihat orang lain yang merekam kegiatan ini! Si perekam tidak menggunakan Lumia 920, tetapi sebuah kamera video reguler.

OIS merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk mengurangi blur karena diakibatkan oleh banyaknya getaran pada saat mengambil gambar.

The Verge merupakan pihak yang berhasil menyadari adanya kejanggalan pada video tersebut.

Nokia langsung merespons kritikan tersebut. Melalui blog resminya, Nokia mengakui kesalahan dan meminta maaf.

"Kami memproduksi sebuah video yang menyimulasikan apa yang bisa kami hadirkan dengan OIS," kata Nokia. "Namun, kami seharusnya memberikan sebuah disclaimer yang menyatakan kalau video ini hanya merepresentasikan OIS saja. Video ini tidak diambil dengan Lumia 920. Belum, setidaknya. Kami meminta maaf atas kekeliruan yang terjadi."

Nokia pun langsung memberikan video Lumia 920 dengan fitur OIS yang sebenarnya. Video itu menampilkan dua adegan berdampingan, adegan di sisi kanan merupakan video yang diambil dengan fitur OIS. Sedangkan yang kiri tidak menggunakan fitur tersebut.

 

EditorWicaksono Surya Hidayat