Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel: Ultrabook Masih Jagoan Utama Kami

Kompas.com - 12/09/2012, 13:02 WIB

KOMPAS.com/Wicak Hidayat Intel Developer Forum 2012 menampilkan berbagai inovasi teknologi dari Intel dan rekan-rekannya.

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Ajang tahunan Intel Developer Forum (IDF) 2012 di San Francisco kembali jadi tempat Intel mengedepankan berbagai teknologi masa depan mereka.

Dalam keynote speech-nya, Dadi Perlmutter, Chief Product Officer Intel mengatakan bahwa keluarga prosesor Intel Core Generasi ke-4 telah dirancang sejak awal dengan mempertimbangkan mobilitas.

Prosesor dengan nama kode Haswell ini, misalnya, memiliki konsumsi daya yang jauh lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya. Dalam pengujian tertentu, Perlmutter mengatakan, kebutuhan dayanya bisa 20 kali lebih rendah.

Anggota keluarga Haswell untuk Ultrabook kelak dijanjikan akan memiliki kemampuan yang setara atau lebih baik dari angkatan Ivy Bridge. Namun, dari sisi kebutuhan dayanya akan jauh lebih baik.

Sebelum IDF, telah beredar kabar akan adanya prosesor dengan Thermal Design Power (TDP) 10W. Ini lebih rendah dari generasi sebelumnya yang memiliki TDP 17W. Semakin rendah TDP-nya, semakin memungkinkan produk itu digunakan dalam perangkat tipis berbobot ringan.

Lalu, apakah ini berarti Intel sudah siap untuk terjun ke produk mobilitas tinggi seperti tablet atau smartphone? Jawabannya tidak semudah itu.

Sejauh ini prosesor Intel memang telah digunakan pada beberapa produk smartphone dan tablet. Namun, meski sudah ada, produk-produk itu belum bisa dibilang "mainstream". Di mobilitas, andalan utama Intel masih platform Ultrabook.

"Ultrabook masih produk jagoan kami," tutur Perlmutter dalam sesi tanya jawab seusai keynote speech-nya.

Satu hal yang menarik, Ultrabook yang dipamerkan Intel dalam gelaran ini tidak sekadar laptop tipis. Berbagai variasi bentuk -- dikenal juga dengan istilah form factor -- ditunjukkan. Mulai dari jenis convertible, bisa diubah bentuk dari gaya tablet ke laptop; hingga tipe detachable, bisa dicopot dari docking ber-keyboard sehingga menjadi unit terpisah.

Kapan produk berbasis Core Generasi ke-4 bisa muncul di pasaran? Perlmutter tidak memberikan petunjuk waktu yang pasti. Namun ia mengindikasikan bahwa produk-produk itu akan muncul seperti biasanya".

Umumnya, pasca IDF, produk dengan prosesor Intel generasi terbaru akan mulai diperkenalkan ke publik di ajang Consumer Electronic Show di Las Vegas (awal tahun). Kemudian, banyak produk juga biasa muncul pada ajang Computex di Taiwan (pertengahan tahun).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com