Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Intel Developer Forum 2012

Intel Tegaskan Dukungan pada HTML5

Kompas.com - 13/09/2012, 13:24 WIB

KOMPAS.com/Wicak Hidayat Demo aplikasi yang berjalan lintas platform, termasuk dengan HTML5 di browser iPad.

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Dalam ajang Intel Developer Forum (IDF) 2012, 11-13 September 2012, Intel menegaskan dukungannya pada HTML5. Hal ini disampaikan Renee J James, Senior VP dan GM Software & Services Intel.

Pernyataan ini muncul tepat sehari setelah CEO Facebook Mark Zuckerberg sempat mengeluhkan HTML5 di acara Tech Crunch Disrupt di San Francisco.

"Memang, kami juga sepakat, bahwa (HTML5) terlalu digembar-gemborkan," ujar Renee.

Namun, ia melanjutkan, Intel percaya bahwa HTML5 akan menjadi solusi yang tepat untuk pengembangan aplikasi lintas platform. Adanya aplikasi yang berjalan di berbagai tempat dengan mudah adalah sesuatu yang diinginkan oleh pengguna

Hal ini sesuai dengan era Transparent Computing yang menurutnya perlu dirangkul oleh developer saat ini. Transparent Computing mengacu pada perkembangan teknologi komputansi yang meniadakan batasan antara perangkat yang digunakan.

Pengguna, menurut Renee, pada akhirnya hanya peduli untuk menyelesaikan suatu hal -- atau mendapatkan pengalaman tertentu -- dengan teknologi yang bekerja dengan baik di lintas perangkat.

Contohnya, pengguna ingin aplikasi yang sama yang berjalan di iPad bisa berjalan di perangkat Samsung Galaxy. Pengguna ingin pengalaman memanfaatkan aplikasi itu tidak berbeda saat menggunakan perangkat yang berbeda.

HTML5, menurutnya, adalah sebuah teknologi lintas platform yang bisa memenuhi hal itu. Developer tak lagi harus memikirkan pengembangan di satu platform saja, misalnya iOS, lalu kehilangan peluang di platform lain seperti Android.

Dalam keynote speech-nya, Renee menampilkan beberapa demo teknologi untuk aplikasi yang berjalan lintas platform. Ia juga menunjukkan beberapa kemampuan HTML5, mulai dari menjalankan video High Definition hingga grafis 3D yang interaktif.

Di sisi lain, banyak tantangan yang masih harus dihadapi HTML5. Termasuk, misalnya, kemampuan tertentu tidak bisa berjalan di semua platform. Bahkan, ada kemampuan HTML5 yang tidak didukung oleh semua browser.

Namun Intel tampaknya yakin bahwa hal itu akan bisa diatasi. Intel pun secara aktif mendukung HTML5, misalnya melalui kerjasama dengan Mozilla untuk menghadirkan parallel computing (River Trail) ke HTML5 di Firefox.

Renee mengajak semua developer yang berminat dengan konsep Transparent Computing untuk bergabung ke Intel Developer Zone. Ia menjanjikan dalam waktu dekat akan ada materi spesifik HTML5 di program tersebut.

"Kami ingin memastikan (HTML5) tidak akan bernasib buruk seperti banyak bahasa lain yang sempat dijanjikan," ujarnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com