Cara Cerdas Berbelanja Online - Kompas.com

Cara Cerdas Berbelanja Online

Kompas.com - 17/09/2012, 16:04 WIB

KOMPAS.com – Di masa kini, waktu 24 jam saja rasanya tidak cukup karena padatnya jadwal dari pagi hingga malam hari. Kegiatan belanja yang menjadi kebutuhan juga menjadi semakin sulit dilakukan. Yang menjadi salah satu alasannya adalah pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Untungnya, kita hidup di era digital yang menjanjikan segala kemudahan serta pemenuhan kebutuhan dengan sekali klik. Hal ini pun termasuk dalam urusan berbelanja kebutuhan.

Celah ini tentunya menjadi kesempatan emas bagi pengusaha untuk mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan media-media digital yang ada. Toko online (online shop) akhirnya bermunculan subur di internet bertujuan memudahkan masyarakat berbelanja tanpa harus menghabiskan banyak waktu.

Barang yang dijualpun beragam, mulai dari  makanan, pakaian, elektronik hingga furniture bisa dibeli di situs-situs toko online ataupun akun jejaring sosial.
Nah, agar tidak merasa dirugikan kita tentu perlu menjadi konsumen yang cerdas. Berikut beberapa tips untuk Anda yang senang berbelanja online.

1. Perhatikan testimoni
Website atau akun jejaring sosial milik toko online biasanya memberikan tempat untuk para customer-nya memberikan testimoni tentang pengalaman mereka selama berbelanja. Anda bisa menilai apakah toko online tersebut terpercaya atau tidak berdasarkan testimoni yang ada.

2. Mintalah rekomendasi teman
Peran teman sebagai konsultan belanja Anda suka tak suka memberi pengaruh besar terhadap perilaku belanja Anda, baik online maupun tidak. Dalam urusan belanja online, mintalah pendapat teman untuk memilih barang yang akan dibeli. “Kalau bisa berbelanjalah di toko online yang direkomendasikan teman. Jangan sekali-kali berbelanja dari toko online yang tidak ada rekomendasi dari teman yang Anda percaya,” saran artis cantik, Sesi Idris pada acara Grand Launching Zalora Indonesia, bertempat di Prive, fX Lifestyle X'enter, Jakarta, Rabu (12/9/2012) lalu.

3. Pilih yang satu kota
Aspek proximity atau kedekatan bisa menjadi salah satu keuntungan tersendiri. Selain barang akan lebih cepat sampai, domisili toko online yang dekat dengan Anda juga memudahkan untuk memastikan toko online atau pemiliknya benar di alamat yang tercantum. Selain itu, jika ada kesalahan atau ketidakpuasan setelah barang diterima, Anda akan lebih mudah mengajukan keluhan dan mencari pihak yang bertanggungjawab.

4. Gunakan sistem pembayaran COD
COD atau Cash On Delivery merupakan system pembayaran yang baru dilakukan bersamaan dengan sampainya barang ke tangan Anda. Biasanya Anda diminta untuk bertemu di sebuah tempat atau bertemu langsung dengan si penjual. Keuntungan dari sistem pembayaran ini adalah, Anda bisa memeriksa barang yang dipesan terlebih dahulu. Sesuai tidak dengan keterangan yang tertera di website. Jika tidak sesuai, Anda bisa langsung mengembalikan atau bernegosiasi untuk menukar barang.

5. Selalu teliti sebelum membeli
“Ada beberapa produk yang sebaiknya tidak dibeli secara online, misalnya kosmetik yang harus dicoba langsung di kulit kita. Saran saya, kalau sudah yakin benar- benar cocok, barulah kita bisa memutuskan untuk membeli secara online” tutur Adinia Wirasti, aktris pemeran Carmen dalam film AADC (Ada Apa Dengan Cinta)  saat acara Peluncuran E-Commerce dan M-CommerceThe Body Shop di Hotel Mulia, Jakarta, pada Rabu (12/9/2012) lalu. Pastikan ketika memesan baju, celana atau sepatu misalnya, Anda memperkirakan ukuran yang pas dengan tubuh. Jangan sampai memesan barang yang ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil. Hal ini penting karena berbelanja secara online kita tidak bisa menyentuh bahkan mencoba barang tersebut secara langsung.

 

EditorHesti Pratiwi
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM