Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lubang Keamanan Ditemukan di Internet Explorer

Kompas.com - 19/09/2012, 14:31 WIB

Security alert: Microsoft has warned of a flaw in Windows that could be exploited by hackers to steal personal details or take over computers. The glitch is so severe it potentially affects every user of Internet Explorer - 900 million people

KOMPAS.com - Sebuah celah keamanan telah ditemukan di browser milik Microsoft, Internet Explorer (IE). Celah ini menyebabkan komputer rentan terhadap serangan peretas (hacker).

Seorang peneliti mengaku menemukan bukti yang menunjukkan bahwa peretas yang memanfaatkan cacat dalam program tersebut berusaha untuk menyerang kontraktor pertahanan.

Microsoft sendiri telah mengakui adanya celah keamanan ini. Microsoft mengatakan penyerang dapat memanfaatkan "cacat" dalam Internet Explorer yang digunakan di ratusan juta komputer, untuk menginfeksi PC yang mengunjungi situs berbahaya dan mengambil alih komputer korban.

Microsoft mengatakan mereka berencana mengeluarkan patch untuk melindungi komputer dari serangan, dalam beberapa hari ke depan.

Microsoft tidak menyebutkan kepastian waktu perilisan patch Internet Explorer tersebut. Beberapa peneliti keamanan mengatakan mereka mengharapkan pembaruan itu sudah ada paling lambat 7 hari lagi.

Kelemahan Internet Explorer ditemukan Jumat (14/9/2012), setelah PC peneliti keamanan dari Luksemburg terinfeksi, ketika sedang menganalisis sebuah server yang digunakan untuk meluncurkan kampanye siber industri spionase terhadap setidaknya 48 perusahaan kimia dan pertahanan.

Perusahaan kemanan jaringan AlienVault mengatakan mereka telah menemukan tiga server lainnya yang menjadi tuan rumah website berbahaya yang memanfaatkan kelemahan Internet Explorer.

Manager AlienVault Labs Jaime Blasco mengatakan ia menemukan bukti yang menunjukkan mereka menargetkan kontraktor pertahanan. Contohnya, katanya, ia menemukan virus terkait di sebuah situs yang memuat informasi sektor pertahanan India.

"Sepertinya orang-orang ini berada di belakang target besar," katanya.

Internet Explorer merupakan browser terbanyak digunakan kedua bulan lalu, dengan 33 persen saham pasar, kata StatCounter. Ia berada dekat dibelakang Chrome, 34 persen.

Perusahaan menyarankan pengguna untuk memakai perangkat keamanan gratis sampai ada software baru dari Microsoft. Software itu adalah Enhanced Mitigation Experience Toolkit (EMET) untuk mengurangi serangan.

EMET harus diunduh, dipasang dan dikonfigurasi secara manual untuk melindungi komputer dari ancama, seperti yang ditulis Microsoft. Perusahaan itu juga menyarankan untuk menyesuaikan beberapa pengaturan keamanan Windows untuk menghalangi penyerang potensial. Tetapi, pengaturan itu akan berdampak pada kegunaan PC.

Beberapa pakar keamanan mengatakan itu akan menjadi terlalu tidak praktis untuk pengguna PC menerapkan langkah-langkah yang disarankan Microsoft. Mereka menyarankan pengguna Windows untuk sementara beralih dari Internet Explorer ke browser lainnya, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Opera.

Warga Jerman dilarang pake IE

Atas temuan celah keamanan di IE, pemerintah Jerman mendesak warganya untuk sementara waktu berhenti menggunakan browser Internet Explorer (IE) keluaran Microsoft Corp, Selasa (18/9/2012).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com