Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengecewakan, Apple Janji Perbaiki Maps pada iOS6

Kompas.com - 24/09/2012, 06:22 WIB

KOMPAS.com — Salah satu dari 200 fitur baru pada iOS 6 yang dirilis Apple pada Rabu (19/9/2012) lalu adalah aplikasi Maps bikinan Apple sendiri. Dibuat untuk menggantikan Google Maps di iOS versi sebelumnya, informasi yang tertera dalam peta Maps ternyata banyak yang kurang akurat atau bahkan salah sama sekali.

Pengguna di Asia mengeluhkan detail peta yang kurang informatif, sementara BBC melaporkan bahwa beberapa tempat di Inggris tidak terdaftar dalam Maps atau "terlempar" ke luar lokasi yang sebenarnya, seperti Museum Furnitur yang, menurut Maps, letaknya ada di tengah sungai.

graphicrivernet
Museum Furnitur di Inggris digambarkan berada di tengah sungai dalam aplikasi Maps di iOS 6 (gambar: graphicriver.net)

Ada pula "kembaran" Pulau Senkaku atau Diaoyu yang dijadikan obyek sengketa Jepang dan China. Dalam Maps, gambar pulau ini ada dua buah dan bentuknya sama persis atau terduplikasi.

theamazingios6maps.tumblr.com
Pulau Senkaku atau Diaoyu yang terduplikasi dalam Maps di iOS 6 (gambar: theamazingios6maps.tumblr.com)

Menghadapi hal ini, Apple menganjurkan agar pengguna iOS 6 bersabar. "Kami baru saja mulai dengan (peta) ini. Kami terus-menerus meningkatkan kualitasnya. Karena berbasis cloud, semakin banyak orang yang menggunakannya maka Maps semakin baik. Kami menghargai semua feedback dan bekerja keras untuk meningkatkan pengalaman pengguna," ujar juru bicara Apple Trudy Muller, seperti dikutip oleh AllThingsD.

Apple mengambil sebagian data untuk aplikasi Maps dari TomTom. Perusahaan ini mengaku memberikan bahan peta ke banyak perusahaan lain, tetapi tidak bertanggung jawab atas hasil akhir produknya. "Kami memberikan bahan peta dan konten terkait lainnya ke para pemain mobile, termasuk RIM, HTC, Samsung, AOL, Apple, dan Google (untuk area di mana Google tidak membuat petanya sendiri," tulis Tom-tom dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, pengguna masih bisa mengakses layanan Google Maps dari browser Safari iOS 6. Google sendiri dikabarkan sedang mengerjakan aplikasi Google Maps stand-alone untuk sistem operasi mobile terbaru Apple tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com