Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Maps di iOS, Bos Google "Angkat Tangan"

Kompas.com - 27/09/2012, 08:36 WIB

KOMPAS.com - Peta digital Apple Maps di sistem operasi mobile iOS versi 6 tidak mendapat sambutan positif. Banyak pengguna berharap agar Google Maps segera hadir di iOS 6. Sayangnya, dalam waktu dekat ini Google belum bisa merealisasikannya.

Chairman Google Eric Schmidt mengkonfirmasi hal tersebut, Selasa (25/9/2012). Ia mengatakan, keputusan untuk menghadirkan Google Maps di iOS, harus disetujui oleh Apple. Kedua perusahaan telah berkomunikasi, namun hingga kini belum menemukan titik terang.

"Apa yang harus kita lakukan? Memaksa mereka untuk tidak mengubah keputusan? Ini keinginan mereka," tegas Schmidt, seperti dikutip dari Reuters.

Belakangan ini beredar rumor bahwa Google Maps untuk iOS sedang dalam pengembangan, dan menunggu persetujuan Apple. Namun, Schmidt tidak memberi tanda hal itu akan segera terjadi.

"Aku tidak memprediksi apapun. Kami ingin mereka menjadi mitra. Kami sangat menyambut itu. Saya tidak mau berspekulasi pada apa yang mereka lakukan. Mereka bisa menjawab pertanyaan seputar ini jika dipandang perlu," tambahnya.

Seperti diketahui, Apple memutuskan untuk membuang Google Maps dan YouTube sebagai aplikasi bawaan di iOS 6. Aplikasi mandiri YouTube telah tersedia untuk iOS, tapi Google Maps, dalam waktu dekat ini belum tersedia.

Para pengguna perangkat mobile Apple yang telah melakukan update sistem operasi ke iOS 6, menilai Apple Maps tidak sedetail dan seakurat Google Maps.

Bahkan, pendiri Apple Steve Wozniak pun, mengaku agak kecewa dengan Apple Maps. Menurutnya, Google Maps memiliki basis data yang lebih lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com