Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RIM Siap Tingkatkan Kapasitas BBM Groups

Kompas.com - 02/10/2012, 08:10 WIB

Associated Press

KOMPAS.com - Tidak ada yang memungkiri kalau BlackBerry Messenger (BBM) merupakan salah satu fitur yang membesarkan nama Research In Motion (RIM). Oleh karena itu, RIM terus berusaha memperkuat fitur ini dengan berbagai kemampuan baru.

Kemampuan baru tersebut banyak dibahas oleh T.A. McCann, VP Product Strategy RIM, yang banyak mengurusi fitur messaging di perusahaan asal Kanada tersebut, seperti dikutip dari Pocket Flint.

Salah satu fitur baru BBM yang sedang dikembangkan adalah kemampuan dari BBM Groups. Saat ini, sebuah grup di BBM hanya bisa menampung 30 pengguna. Ke depannya, RIM berencana untuk memperbesar batasan tersebut.

Menurut Pocket Lint, fitur tersebut diadakan karena RIM sedang mencari kesuksesan yang sama dengan Twitter. Fitur grup ini mengizinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan kepada banyak orang dalam sekali waktu.

Sebagai contoh, fitur grup ini banyak digunakan di Indonesia untuk berjualan. Para pemilik dan anggota grup yang berbagi informasi produk yang dijual di bagian ini. Diharapkan, untuk ke depannya, fitur ini tidak hanya maksimal untuk kegiatan berjualan saja, tetapi untuk kegiatan menyebarkan pesan, mirip seperti seorang pengguna Twitter yang menyebarkan tweet kepada para follower-nya.

Menurut McCann, ada kemungkinan kalau BBM memiliki fitur video call. Selain itu, McCann tidak menutup kemungkinan adanya fitur pembuatan grup otomatis saat si pengguna berada di sebuah tempat.

Saat ditanya mengenai kemungkinan RIM dalam memberikan BBM ke platform lain, McCann menyatakan kalau RIM belum memutuskan apa-apa.

"Kami berpikir keras, tetapi belum ada rencana untuk 'menyerahkannya' ke perangkat atau platform lain saat ini," kata McCann.

Memang dengan menjual BBM ke platform lain, seperti Android, iOS, atau Windows Phone, pengguna BBM akan meningkat tajam. Namun, hal tersebut akan mengurangi alasan orang untuk membeli smartphone BB.

Saat ditanya, apa yang membedakan BBM dengan aplikasi messaging lain, seperti What's App, Facebook Messenger, dan Yahoo Messenger, McCann membanggakan fitur D dan R. Di fitur BBM, apabila pengguna mengirimkan pesan, maka akan terdapat sebuah tanda centang diiringi huruf D dan R. D untuk pesan yang telah terkirim (delivered) dan R untuk pesan yang sudah dibaca (read).

"Dengan BBM, kami memiliki pengalaman," lanjut McCann. "Salah satu fitur kunci kami adalah memiliki D dan R dan yang lainnya tidak melakukannya dengan cara yang sama."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com