Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RIM: BlackBerry Messenger Sudah Pulih

Kompas.com - 03/10/2012, 18:22 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) yang sempat terganggu pada Rabu (3/10/2012), berangsur mulai bisa digunakan kembali sekitar pukul 17.00 WIB.

PR Manager Research In Motion (RIM) Indonesia Yolanda Nainggolan mengatakan, tim teknis RIM melaporkan bahwa trafik layanan BBM sudah naik kembali. "Berarti BBM sudah pulih," katanya.

Ia masih menunggu pernyataan resmi dari kantor pusat RIM, yang menyatakan bahwa masalah ini sudah teratasi sepenuhnya.

Yolanda belum menyebut apa penyebab terganggunya layanan BBM hari ini. Gangguan pada layanan BBM terjadi sejak pukul 10.00 WIB. Gangguan ini terjadi pada layanan BlackBerry Internet Service (BIS), dan berdampak di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Operator seluler di Indonesia baru menerima keterangan resmi soal gangguan ini sekitar pukul 15.00 WIB.

Kementerian Komunikasi dan Informatika, menyayangkan gangguan yang kembali terjadi pada layanan BlackBerry. "Dalam tahun 2012, layanan BlackBerry sudah mengalami gangguan sebanyak tiga kali di Indonesia," kata Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemkominfo Gatot S Dewa Broto.

Menurutnya, gangguan pada layanan BlackBerry tak hanya merugikan pihak RIM saja, tapi juga operator seluler dan pengguna smartphone BlackBerry di Indonesia. Apalagi, banyak sekali masyarakat Indonesia yang setiap harinya melakukan komunikasi melalui BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com