Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2012, 14:57 WIB

KOMPAS.com - Hipertensi akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, sehingga sebaiknya diturunkan. Guna mencegah hipertensi, lakukan olahraga dan tentu saja menyantap makanan sehat. Cara ini juga berlaku bagi mereka yang sudah mengalami hipertensi.

Untuk memulai kebiasaan olahraga, bagi sebagian orang, memang bukan hal mudah. Dalam situs WebMD, dibeberkan sejumlah cara menarik agar olahraga menjadi aktivitas yang menyenangkan.

* Cari aktivitas menyenangkan

Cari aktivitas yang bisa  Anda nikmati selama 30 menit setiap harinya. Berkebun, naik tangga, berjalan kaki, atau bersepeda dengan anak bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Aktivitas tersebut juga akan menambah jatah olahraga Anda dan tentu saja bermanfaat bagi kesehatan jantung.

* Ikut klub kebugaran

Untuk lebih aktif, sebenarnya Anda tak perlu harus terdaftar dalam sebuah pusat kebugaran. Kalau sulitkeluar rumah, Anda bisa membuat pusat kebugaran sendiri. Beli saja sejumlah alat untuk berlatih seperti barbel, bola voga. atau undakan. Pertimbangan untuk membeli treadmil atau sepeda stationer. Anda bisa menggunakannya sambil menonton televisi atau menunggu anak yang sedang tidur.

Namun, kalau Anda lebih senang berlatih di pusat kebugaran, segera daftar saja. Selain lebih fokus untuk berolahraga, para pelatih kebugaran di sana dapat mengajarkan cara penggunaan alat-alat dengan tepat guna menghindari terjadinya cedera.

* Berenang

Ada sejumlah orang yang enggan berkeringat saat olahraga. Solusinya, berenang saja. Berenang selama 30 menit akan mengurangi jumlah sirkulasi adrenalin di dalam tubuh dan membuat pembuluh darah rileks. Berenang juga membantu menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

* Lakukan 30 menit

Kalau tekanan darah Anda naik secara moderat, jalan cepat 30 menit cukup untuk menjauhkan diri dari obat-obatan. Namun, bila Anda sudah mengonsumsi obat untuk mengatasi hipertensi, lakukan olahraga moderat selama 30 menit.

Olahraga setidaknya mampu meningkatkan denyut jantung, sehingga akan membantu pengobatan Anda bekerja lebih efektif. Bila tekanan darah Anda normal, aktif secara fisik akan membantu menjaganya tetap normal.

Kalau Anda belum pernah berolahraga sama sekali, sebaiknya lakukan secara perlahan guna mencegah terjadinya cedera. Setelah beberapa hari baru tingkatkan intensitasnya. Lakukan juga olahraga pembebanan atau resistensi untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Jangan lupakan pemanasan dan pendinginan. Menurut American Heart Association, pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya penting bagi orang dengan hipertensi.

Hentikan bila olahraga atau aktivitas yang dikerjakan membuat sakit. Kalau cuaca sedang panas, lakukan olahraga secara perlahan. Pilihan lainnya, berolahraga di tempat yang menggunakan penyejuk udara.

* Konsultasikan dengan dokter

Diskusikan dengan dokter sebelum memulai aktivitas fisik. Hal ini terutama jika memiliki pula hidup kurang gerak (sedentari), berat badan berlebihan, atau memiliki risiko tinggi atas penyakit jantung atau penyakit kronis lainnya. (GHS/dee)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com