Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Jam "Coding" Terbit 10 Aplikasi Windows Phone

Kompas.com - 04/10/2012, 16:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Sparxup 2012 telah memasuki hari kedua. Di hari Kamis (4/10/2012), para peserta Hackathon harus melakukan presentasi dan live demo terhadap aplikasi yang telah mereka kerjakan.

Dari 30 tim developer yang mengikuti ajang Hackathon ini, ternyata hanya 10 tim yang berhasil menyelesaikan ajang adu bikin aplikasi berbasis Windows Phone selama 15 jam ini.

KOMPAS.com/del Salah satu peserta tampak memberikan presentasi mengenai aplikasi yang dibuatnya pada Kamis (4/10/2012) di JWC, Binus International.

Salah satu aplikasi yang banyak mendapatkan perhatian adalah Gooyoob. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan meminta atau memberikan pertolongan kepada pengguna lain.

Aplikasi ini hanya dikerjakan oleh satu orang saja, yaitu Hanief Cahya Utama. Seperti dikutip dari DailySocial, dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat menawarkan bantuan dengan membagikan lokasi dan apa yang bisa dibantu di sekitar lokasi tersebut.

Aplikasi-aplikasi lainnya pun tidak kalah menariknya. Beberapa developer lokal membuat diary online yang memanfaatkan API Foursquare dan Evernote.

Ada juga developer yang membuat aplikasi pemesanan taksi dengan memanfaatkan API Foursquare. Pengguna dapat memesan taksi secara langsung tanpa harus menelepon call center. Pengguna dapat langsung memesan taksi yang terdekat dari lokasi, sekaligus mengirimkan pesan.

Beberapa peserta juga terlihat memasukkan unsur teknologi Augmented Reality dalam aplikasi buatan mereka.

Menurut pantauan KompasTekno, kebanyakan peserta memanfaatkan API Evernote dan Foursquare dalam ajang Hackathon kali ini.

Walaupun hanya 10 tim yang maju ke babak penilaian, semua tim yang mengikuti ajang Hackathon ini layak mendapatkan apresiasi yang tinggi.

Para developer tersebut bekerja selama 15 jam non-stop. Bahkan, menurut panitia Hackathon ini, nyaris semua peserta tidak ada yang beristirahat selama kompetisi ini berlangsung. Sepanjang hari, para peserta terlihat serius di depan komputernya masing-masing.

Dalam ajang ini, para peserta diminta untuk membuat aplikasi dengan memanfaatkan Application Programming Interface (API) dari Foursquare, Evernote, dan Blibli.com.

Aplikasi yang dibuat oleh para developer di ajang ini haruslah berbasis sistem operasi mobile terbaru dari Microsoft, yaitu Windows Phone 8.

Ada tiga kriteria penilaian dari aplikasi-aplikasi tersebut. Ketiganya adalah konsep, fungsionalitas, dan kompleksitas.

Untuk menentukan pemenang, terdapat 6 orang juri, yaitu Wiku Baskoro (Daily Social), Willix Halim (Freelancer.com), Narendra Wicaksono (Nokia), Nanang (Blibli.com), Tiang Lim (Evernote), dan Akhsay Patil (Foursquare).

Pengumuman pemenang dari kompetisi ini akan dilakukan pada sesi Awarding Night Sparx Up 2012 pada Jumat (5/9/2012) mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com