Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

November, Tablet Windows 8 Samsung Masuk Indonesia

Kompas.com - 10/10/2012, 17:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Microsoft akan merilis sistem operasi Windows 8 untuk komputer dan tablet pada 26 Oktober mendatang. Setelah itu, para produsen komputer siap memasarkan produknya yang telah menggunakan Windows 8.

Samsung tak ingin ketinggalan jadi yang pertama memasarkan produknya di Indonesia. Komputer tablet keluarga Ativ dari Samsung, yang menggunakan Windows 8, bakal dipasarkan secepatnya setelah 26 Oktober.

Direktur Bisnis Teknologi Informasi Samsung Indonesia Sung Khiun mengatakan, tablet Ativ paling lambat masuk Indonesia pada awal November. "Kita ingin jadi yang pertama memasarkan tablet Windows 8 di Indonesia," katanya.

Samsung sendiri mengeluarkan tiga model tablet Ativ. Pertama, tablet Ativ Tab yang menggunakan prosesor berarsitektur ARM. Kedua, Ativ Smart PC yang menggunakan prosesor Intel Atom. Ketiga, Ativ Smart PC Pro yang menggunakan prosesor Intel Core i5.

Khusus Ativ Smart PC dan Ativ Smart PC Pro, dibekali dengan dock papan ketik (keyboard) dan pena digital yang diberi nama SPen. Jika tablet dipasangkan pada dock keyboard, ia "berubah wujud" menjadi notebook. Ya, produk ini merupakan hasil perpaduan tablet dan notebook.

Pada acara Galaxy Note II World Tour 2012 di Jakarta, Rabu (10/10/2012), Samsung memamerkan Ativ Smart PC dan Ativ Smart PC Pro kepada wartawan.

Keduanya berukuran 11,6 inci. Layarnya dapat merespons multi-sentuhan hingga 10 jari. Pengguna bisa melakukan cubitan (pinch), memutar gambar, atau menggulirkan layar. Untuk konektivitas, keduanya dibekali slot Micro-HDMI, MicroSD, USB, bluetooth, serta Wi-Fi, 3G dan 4G untuk koneksi internet.

Lalu, di mana letak perbedaan Smart PC dan Smart Pro? Perbedaannya terletak pada spesifikasi hardware.

Smart PC

Smart PC dibekali prosesor Intel Atom kode nama Clover Trail, RAM 2GB, resolusi layar 1.366 x 768 pixel HD, flash drive 128GB, kamera belakang 8MP dengan flash dan kamera depan 2MP. Baterainya dapat bertahan hingga 13,5 jam.

Pihak Samsung mengatakan, Ativ Smart PC yang masuk ke Indonesia adalah versi memori internal 64GB, dijual sekitar Rp 7 juta.

Smart PC Pro

Adapun Smart PC Pro hanya memiliki kapasitas baterai yang kuat 8 jam, kamera depan 2MP, dan kamera belakang 5MP tanpa flash.

Namun, pengguna mendapatkan spesifikasi hardware lebih kencang, seperti prosesor Intel Core i5, RAM 4GB, resolusi layar 1.366 x 768 pixel full HD, dan media penyimpanan data solid state drive (SSD) 256GB.

Ativ Smart PC Pro yang masuk Indonesia adalah versi 128GB dan dijual di kisaran harga Rp 11 juta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com