Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Jual Chromebook Samsung Rp 2,4 Juta

Kompas.com - 19/10/2012, 15:19 WIB

anandtech.com

 

KOMPAS.com Menjelang kemunculan produk-produk gadget terbaru dari Microsoft dan Apple, Google berusaha menarik perhatian konsumen dengan merilis laptop Chromebook versi baru.

Notebook murah yang dibuat melalui kerja sama dengan Samsung ini memiliki ukuran layar 11,6 inci (resolusi 1366 x 768). Dapur pacunya diperkuat prosesor Samsung Exynos 5 Dual (5250) berbasis SoC ARM Cortex-A15.

Media penyimpanan yang diberikan hanya berupa Solid-State Disk (SSD) berkapasitas 16 GB, tetapi Google menambahkan akses penyimpanan cloud storage di Google Drive sebesar 100 GB gratis selama dua tahun.

Harganya mungkin menjadi salah satu aspek paling menarik dari generasi terbaru laptop murah besutan Samsung dan Google ini. Di Negeri Paman Sam, Chromebook dihargai 249 dollar AS atau sekitar Rp 2,4 juta.

Chromebook tidak menjalankan sistem operasi konvensional yang berdiri sendiri semacam Windows atau Android. Sebaliknya, laptop ini menggunakan Chrome OS buatan Google yang bergantung pada koneksi internet untuk bisa dipakai.

Idenya adalah Chromebook akan berfungsi layaknya terminal yang mengakses data dan informasi yang disimpan di data center milik Google.

Sebelumnya, sekitar pertengahan tahun ini, Samsung dan Google sudah pernah merilis Chromebook yang diperkuat prosesor Intel dan RAM 4 GB. Produsen lain, Acer, sudah pernah pula bekerja sama dengan Google dan menelurkan model Chromebook pada awal tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com