Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yahoo Tinggalkan Negeri Ginseng

Kompas.com - 20/10/2012, 12:05 WIB

Reuters Yahoo!

KOMPAS.com - Sebuah kabar mengejutkan datang dari Yahoo. Perusahaan yang besar dengan produk search engine-nya tersebut memutuskan keluar dari Korea Selatan mulai akhir tahun ini.

"Keputusan ini adalah bagian dari upaya kami untuk merampingkan operasi dan memfokuskan sumber daya pada pembangungan bisnis global yang lebih kuat yang diatur untuk kesuksesan dan pertumbuhan jangka panjang," kata Yahoo melalui pernyataan resminya.

Yahoo tidak secara detail menyebutkan alasan pengunduran diri mereka dari Negeri Ginseng tersebut. Namun, mereka menyebutkan adanya "tantangan terhadap pertumbuhan" yang membuat pekerjaan di Korea Selatan menjadi sangat sulit.

"Kami bangga terhadap pekerjaan tim Yahoo Korea Selatan. Walaupun mereka sudah bekerja keras, operasional di Korea menghadapi tantangan yang terus meningkat selama beberapa tahun belakangan membuat sulit skala bisnis kami," lanjut Yahoo.

Menurut The Next Web, sengitnya persaingan di Korea Selatan menjadi salah satu alasan utama di balik keputusan dari Yahoo ini. Saat ini, pasaran search engine di Korea Selatan dikuasai oleh Naver (search engine asli buatan Korea Selatan), Baidu, dan Google.

Yahoo memulai bisnisnya di Korea Selatan sejak tahun 1997 yang lalu. Dengan penutupan bisnis di Korea Selatan ini, bukan berarti pengguna tidak dapat mengakses produk-produk Yahoo. Situs ini akan diarahkan langsung ke Yahoo Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com