Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terendah Se-Asia, Seberapa Parah Koneksi Internet di Indonesia?

Kompas.com - 21/10/2012, 19:50 WIB

sxc.hu ilustrasi

KOMPAS.com — Oleh perusahaan internet content delivery Akamai, Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan kecepatan koneksi internet paling rendah di Asia Pasifik.

Mengapa Indonesia bisa mendapatkan "gelar" tersebut, seberapa parahkah koneksi internet di Indonesia?

Menurut hasil penelitian kuartal II berjudul "2012 State of the Internet" dari Akamai, di Indonesia masih cukup banyak pengguna yang browsing dengan kecepatan internet sangat lambat.

Tercatat masih ada sebanyak 13,8 persen pengguna di Indonesia yang mendapat koneksi internet dengan kecepatan maksimal atau di bawah 256 kbps, sedikit di atas standar GSM EDGE (up to 237 kbps).

Bandingkan dengan negara tetangga kita, Singapura, yang hanya tinggal 0,2 persen, Malaysia 1 persen, dan Vietnam 7,4 persen.

Akamai juga mengungkap jumlah pengguna di Indonesia yang "beruntung" bisa menikmati akses internet broadband kecepatan tinggi. Ternyata jumlahnya tak sampai 1 persen dari total pengakses, tepatnya hanya 0,82 persen pengguna internet Indonesia yang dapat menikmati koneksi dengan kecepatan di atas 4 Mbps.

4mbps

Tabel jumlah pengguna internet di negara-negara Asia Pasifik yang memiliki kecepatan koneksi 4 Mbps atau lebih (Gambar: Akamai.com)

Akamai mendefinisikan "broadband" sebagai koneksi berkecepatan 4 Mbps atau lebih. Di atasnya ada ketegori "high broadband" dengan kecepatan 10 Mbps atau lebih. Jumlah pengguna di Indonesia yang bisa menikmati kecepatan setinggi itu lebih sedikit lagi, hanya 0,1 persen.

10mbps
Tabel jumlah pengguna internet di negara-negara Asia Pasifik yang memiliki kecepatan koneksi 10 Mbps atau lebih (Gambar: Akamai.com)

Di wilayah Asia Pasifik, adopsi broadband Indonesia adalah yang paling rendah, di bawah negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Vietnam.

Rata-rata kecepatan koneksi internet di Tanah Air yang dicatat oleh Akamai adalah 0,8 Mbit atau sekitar 100 KB per detik, yang juga terendah di Asia Pasifik.

Angka-angka itu bertolak belakang dengan Korea Selatan yang menempati posisi nomor satu di kawasan Asia Pasifik dalam hal adopsi broadband (84 persen di atas 4 Mbps) dan kecepatan akses (rata-rata 14,2 Mbps atau sekitar 1,7 MB per detik). Urutan kedua dan ketiga masing-masing dipegang oleh Jepang dan Hongkong.

Meski begitu, Indonesia mencatat pertumbuhan rata-rata kecepatan akses internet year-over-year sebesar 20 persen atau terbesar kelima setelah China, Australia, Jepang, dan Hongkong.

YOY
Tabel pertumbuhan kecepatan koneksi internet rata-rata di negara-negara Asia Pasifik (Gambar: Akamai.com)

YOY2
Tabel pertumbuhan kecepatan koneksi internet maksimal di negara-negara Asia Pasifik (Gambar: Akamai.com)

Adapun pertumbuhan kecepatan koneksi maksimal (peak) year-over-year di Tanah Air merupakan yang tertinggi dari semua negara di Asia Pasifik, yaitu meningkat 93 persen menjadi 8,4 Mbps di kuartal kedua 2012. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com