Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2012, 01:25 WIB

KOMPAS.com — Di tengah antisipasi untuk tablet iPad Mini, Apple menyelipkan penerus berikutnya dari tablet iPad berukuran 10 Inci.

Dalam acara di San Jose, Amerika Serikat, yang berlangsung hari Rabu (24/10/2012) waktu setempat, iPad generasi ke-4 ini resmi diperkenalkan.

Waktu perkenalan ini hanya berselang tak sampai setahun setelah pengumuman iPad generasi ke-3 atau yang dikenal sebagai New iPad. Tablet itu diperkenalkan bulan Maret, juga pada 2012.

Beberapa pembaruan yang diterapkan Apple dalam iPad Generasi ke-4 ini termasuk prosesor baru A6x yang diklaim memiliki kinerja 2 kali lebih tinggi dibanding pendahulunya, A5X yang dipakai di New iPad. Kecepatan olah grafisnya juga diklaim mengalami peningkatan 2 kali lipat.

Di bagian depan tabet iPad generasi ke-4 ini terdapat kamera FaceTime dengan resolusi 720p. Apple juga menanamkan prosesor pengolah gambar yang sama dengan yang digunakan pada iPhone 5.

Fitur lain termasuk kapabilitas 4G LTE yang ditingkatkan serta kompatibel dengan KDDI, masa hidup baterai sepanjang 10 jam, dan konektor baru dock (lighting) yang disertai adapter untuk SD card.

Soal harga, Apple membanderol tablet ini mulai 499 dollar AS untuk versi 16 GB Wi-Fi only dan 629 dollar untuk versi WiFi + koneksi selular. iPad 4 masih mengusung ukuran layar yang sama dengan pendahulunya, yaitu 9,7 inci.

Tablet iPad generasi ke-4 dijadwalkan mulai tersedia di toko online dan ritel pada tanggal 2 November mendatang, tetapi nama Indonesia tidak terlihat dalam daftar negara-negara pertama yang memperoleh tablet ini. Belum diketahui kapan iPad generasi ke-4 bakal masuk pasar Tanah Air.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com