Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2012, Apple Rilis 3 iPad

Kompas.com - 24/10/2012, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada 2010 dan 2011, Apple selalu merilis satu generasi iPad setiap tahunnya. Tapi untuk tahun 2012, Apple merilis 3 iPad sekaligus.

Ketiga iPad itu adalah: iPad generasi ketiga yang juga dikenal dengan nama New iPad, lalu iPad generasi keempat, dan iPad Mini.

iPad generasi 3

Tahun 2012, Apple memperkenalkan iPad generasi 3 pada 7 Maret 2012 di San Fransisco, Amerika Serikat. Gebrakan Apple untuk iPad generasi 3, adalah dukungan jaringan LTE dan penggunaan teknologi Retina Display pada layar. Harus diakui, tampilan layar iPad generasi 3 sangat tajam, dibekali resolusi 2048 x 1536 pixel dengan kepadatan 264 pixel per inci (ppi).

iPad generasi 3 menggunakan prosesor dual core A5X, dengan prosesor grafis quad core. Prosesor A5X ini menggunakan desain SoC (System-on-a-Chip), yang menggabungkan CPU (Central processing unit) dan GPU (Graphics processing unit) dalam die yang sama.

iPad generasi 3 masih menggunakan dock konektor lama, yang berukuran 30 pin.

iPad generasi 4

Berselang kurang lebih 6 bulan, Apple mengumumkan iPad generasi 4 pada 23 Oktober. Ini merupakan produk yang akan memperbarui iPad generasi 3, sehingga Apple bakal menghentikan produksi iPad generasi 3. Perbedaan antara keduanya terletak pada prosesor, dock konektor, dan dukungan jaringan LTE yang lebih luas.

Untuk iPad generasi 4, Apple menggunakan prosesor dual core A6X, dengan prosesor grafis quad core. Apple mengklaim performa A6X dua kali lebih cepat dibanding A5X.

Apple menggunakan dock konektor berukuran 8 pin untuk iPad generasi 4. Ini adalah dock konektor standar baru untuk produk Apple di kemudian hari.

iPad Mini

Di hari peluncuran iPad generasi 4, Apple juga mengumumkan iPad Mini yang memiliki bentang layar 7,9 inci. Tablet ini dijual dengan harga relatif terjangkau, agar dapat bersaing dengan kompetitor di segmen menengah.

Layar iPad Mini dibekali resolusi 1024 x 768 pixel. Ia menggunakan prosesor dual core A5, kamera utama 5MP dan kamera depan 1,2MP, serta menggunakan dock konektor 8 pin. iPad Mini tersedia dalam model Wi-Fi, dan Wi-Fi plus jaringan seluler.

Untuk media penyimpanan data, tersedia versi 16GB, 32GB, dan 64GB.

Berita-berita seputar peluncuran iPad Mini dapat disimak di liputan khusus "iPad Mini".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com