Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2012, 16:41 WIB

KOMPAS.com - Apple membuat keputusan yang membuat banyak orang terkejut. Bagaimana tidak, iPad generasi ketiga yang baru berusia 6 bulan, digantikan dengan iPad generasi 4 yang resmi diperkenalkan Selasa, (23/10/2012), di Amerika Serikat.

iPad 3, yang dikenal dengan nama New iPad, diganti dengan iPad 4 yang kini mengusung nama resmi "iPad with Retina Display". Bahkan, di situs web resmi Apple, iPad 3 sudah ditiadakan. Jajaran produk iPad yang ada sekarang hanyalah iPad 2, iPad with Retina Display, dan iPad Mini.

Setidaknya, ada 3 alasan mengapa Apple memperbarui iPad 3. (Untuk mempermudah penyebutan, nama New iPad dan iPad with Retina Display selanjutnya disebut iPad 3 dan iPad 4).

Memperbarui prosesor

iPad 4 menggunakan prosesor A6X, sedangkan iPad 3 memakai A5X. Kedua prosesor ini menggunakan CPU (Central processing unit) dual core, dan GPU (Graphics processing unit) quad core. Selain itu, keduanya juga menggunakan desain SoC (System-on-a-Chip), yang menggabungkan CPU dan GPU dalam die yang sama.

Namun, Apple mengklaim performa A6X lebih cepat dua kali lipat dibanding A5X.

Mengikuti standar Lightning Connector

Perangkat mobile Apple kini memiliki dock konektor standar baru, berukuran 8 pin, dan diberi nama Lightning Connector. Lightning Connector kini digunakan di iPhone 5 dan iPod touch generasi 5.

iPad 3 masih menggunakan dock konektor berukuran 30 pin. Karena itulah, Apple menggantinya dengan iPad 4 yang telah memakai Lightning Connector. Keputusan ini diambil demi menjaga ekosistem perangkat mobile Apple di masa depan.

Memperluas jaringan LTE

Ketika mengumumkan iPad 3 Maret lalu, Apple menginformasikan bahwa iPad 3 hanya mendukung jaringan 4G LTE di Kanada dan Amerika Serikat. Begitu tablet ini mulai dipasarkan, Apple mendapat banyak kritik lantaran pengguna di beberapa negara, termasuk Australia, tidak dapat terkoneksi ke jaringan 4G LTE dari iPad 3 mereka. Apple bahkan dituding membohongi publik Australia.

Belajar dari banyaknya protes ini, Apple nampaknya tak ingin mengecewakan calon pembeli iPad selanjutnya. Apple memperluas dukungan jaringan 4G LTE pada iPad 4, agar tablet ini bisa digunakan di banyak negara.

Inilah 3 alasan mengapa Apple mengambil keputusan yang mungkin mengecewakan sebagian besar pemilik iPad 3. Apple meyakinkan, pihaknya hanya melakukan pembaruan pada 3 komponen di atas. Tak ada perubahan pada spesifikasi perangkat keras lainnya, begitu juga dengan desainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com