Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Sumpah Pemuda, Linimasa Twitter "Mendadak Nasionalis"?

Kompas.com - 28/10/2012, 11:56 WIB

KOMPAS.com - Jika hari Minggu, 28 Oktober 2012, pengguna Twitter mengamati linimasanya, niscaya akan muncul beberapa pesan yang terkesan nasionalis.

Ya, seperti tanggal-tanggal bersejarah lainnya, banyak pengguna social media di Indonesia yang giat menyuarakan kebanggaan mereka pada Tanah Air melalui Twitter di hari peringatan Sumpah Pemuda ini.

Kata-kata, "Selamat Hari Sumpah Pemuda" bahkan tercatat muncul di daftar trending topic untuk wilayah Indonesia pada sekitar pukul 11:30 WIB.

Selain itu, beberapa tagar muncul sebagai cara mengekspresikan emosi pengguna Twitter dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda ini.

Salah satunya, adalah tagar "#replacetitlesongwithPEMUDA". Ini adalah sebuah gaya bersenang-senang khas Twitter yang mengubah judul lagu tertentu dengan kata tertentu, dalam hal ini: Pemuda.

Tagar lain yang juga menarik diperhatikan adalah "#orangIndonesia". Tagar ini berusaha menggarisbawahi prestasi apa saja yang pernah dicapai warga Indonesia, maupun keturunannya.

Penggunaan social media sebagai sarana menyampaikan ekspresi, emosi dan (mungkin) aspirasi seputar peringatan hari bersejarah adalah bagian dari kenyataan bahwa dunia digital sudah jadi bagian tak terpisahkan dari percakapan sehari-hari.

Nah, bagaimana cara Anda memperingati Sumpah Pemuda? Atau, barangkali Anda justru lupa kalau hari ini Hari Sumpah Pemuda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com