Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Aplikasi Gratisan untuk Windows 8

Kompas.com - 28/10/2012, 14:17 WIB

msdn Screenshot Windows Store


KOMPAS.com - Sehari sebelum sistem operasi Windows 8 diluncurkan Jumat (26/10/2012) kemarin, Windows Store telah lebih dahulu resmi dibuka. Toko aplikasi khusus Windows 8 ini sudah bisa diakses dari 231 negara dan tersedia dalam 109 bahasa.

Pada hari pertama itu, Windows store sudah memiliki 7.873 judul aplikasi "modern" yang didesain khusus untuk Windows . Berita bagusnya adalah, sebanyak 88 persen dari aplikasi-aplikasi tersebut bisa diperoleh secara cuma-cuma alias gratis,.

Ke-7.873 aplikasi Windows 8 di Windows Store tersebut tersedia untuk pasar global. Adapun Windows Store di pasar Amerika Serikat memiliki 4.516 judul aplikasi Windows 8 yang 83 persen di antaranya juga gratis.

Seperti dikutip dari Mashable, Presiden Divisi Windows Microsoft Steven Sinofsky mengatakan bahwa Windows Store memiliki jumlah aplikasi terbanyak pada saat peluncuran dibanding toko aplikasi apapun dalam sejarah.

Windows Store hanya bisa diakses melalui PC yang menggunakan sistem operasi Windows 8 atau yang lebih baru. Toko aplikasi ini dimaksudkan sebagai pusat download bagi serangkaian perangkat Windows 8, termasuk PC, notebook, dan tablet.

Untuk perangkat tablet Microsoft Surface dengan sistem operasi Windows RT, Windows Store adalah satu-satunya tempat di mana pengguna bisa memperoleh aplikasi untk perangkatnya.

Windows Store pertama kali diperkenalkan ke developer aplikasi pada bulan September 2011. Secara konsep, toko aplikasi ini mirip dengan Apple App Store di mana aplikasi yang ditawarkan telah disaring untuk mencegah masalah malware dan keamanan. Windows Store juga memiliki aturan tambahan terkait konten dewasa dalam aplikasi.

Microsoft mengatakan bahwa aplikasi yang dibeli lewat Windows Store bisa di-install di beberapa komputer berbeda, hingga 5 buah.  Layaknya toko aplikasi lain, Microsoft juga menyediakan fasilitas rating dan review.

Developer yang memasang aplikasi di Windows 8 mendapat 70 persen dari hasil penjualan aplikasinya, Ketika sebuah aplikasi telah menghasilkan pemasukan sebesar 25,000 dollar AS, jumlah itu dinaikkan menjadi 80 persen.

Menurut pihak Microsoft, saat ini sudah ada 3.367 developer yang menyediakan aplikasi di Windows Store, termasuk Kompas yang meluncurkan aplikasi Kompas.com dan Kompasiana bersamaan dengan waktu peluncuran Windows 8.

Berita-berita lain seputar Windows 8 dapat disimak di liputan khusus "Windows 8".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com