Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kategori Komputer yang Mendukung Windows 8

Kompas.com - 29/10/2012, 06:34 WIB

MicrosoftLogo Windows 8

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem operasi Windows 8 resmi dirilis oleh Microsoft pada 26 Oktober 2012. Produsen komputer pun menyambutnya dengan memproduksi beragam jenis perangkat komputer. Bahkan, ada sebuah komputer kategori baru yang diproduksi oleh produsen.

Selain dinavigasi melalui papan ketik, papan sentuh, dan tetikus, komputer bersistem operasi Windows 8 juga dapat dinavigasi dengan sentuhan jari.

Berikut ini adalah kategori perangkat komputer yang siap dipasangkan Windows 8.

Laptop
Laptop
Yang pertama adalah komputer jinjing atau laptop, atau ada juga yang menyebutnya komputer clamshell (kulit kerang), karena bisa dibuka-tutup bak kerang. Kategori ini dibagi lagi dalam jenis notebook, netbook, dan ultrabook. Ada kemajuan pesat pada laptop generasi terkini, yang beberapa telah mendukung navigasi layar sentuh.

Tablet

Tablet
Windows 8 tak hanya dirancang untuk komputer pribadi, tapi juga didesain untuk perangkat tablet. Tablet yang menggunakan prosesor berarsitektur x86 berjalan dengan sistem operasi Windows 8. Sedangkan tablet yang menggunakan prosesor berarsitektur ARM berjalan dengan Windows RT (Run Time).

Beberapa tablet Windows 8 disertai dengan aksesori penutup atau dock papan ketik (keyboard). Jika tablet dipasangkan ke dock, ia seakan berubah wujud menjadi notebook. Beberapa tablet Windows 8 yang menggunakan prosesor Intel Atom ataupun Core i menyediakan port USB, slot kartu memori eksternal, jack audio 3,5mm, sampai port HDMI.

Convertible
Convertible
Ini adalah komputer kategori baru yang memadukan fungsi tablet dan ultrabook. Pada umumnya komputer convertible bisa digeser, tetapi ada pula produsen yang membuat layar komputer convertible bisa diputar. Bagian layar dan keyboard-nya didesain menyatu, tak bisa dilepas.

Convertible tampak seperti ultrabook jika digeser ke atas atau dalam posisi terbuka. Jika digeser ke bawah atau dalam posisi tertutup, ia tampak seperti tablet. Konektivitas pada convertible juga lengkap, mulai dari USB, kartu memori eksternal, jack audio 3,5mm, sampai port HDMI.

PC All-in-One (AIO)

All-in-One PC
Mesin dan layar pada komputer All-in-One (AIO) didesain dalam satu ruang. Orang yang membeli AIO biasanya membutuhkan perangkat komputer yang hemat ruang dan digunakan untuk aktivitas multimedia sampai hiburan. Port dan slot konektivitas tersedia di sisi samping ataupun belakang layar.

Komputer AIO Windows 8 memiliki sensor layar sentuh yang lebih baik karena sistem operasi ini memang dimaksimalkan untuk layar sentuh.

Desktop
Desktop
Bagi Anda yang memiliki komputer desktop, Anda tentu bisa memperbarui sistem operasi ke Windows 8. Pastikan bahwa komputer Anda memenuhi spesifikasi perangkat keras minimum Windows 8 agar komputer bisa berjalan mulus dan gegas.

Berikut ini adalah spesifikasi minumum komputer Windows 8:

  • Prosesor kecepatan 1GHz atau lebih tinggi
  • RAM minimum 1GB untuk Windows 8 versi 32bit, dan RAM minimum 2GB untuk Windows 8 versi 64bit.
  • Siapkan ruang hard disk 16GB untuk Windows 8 versi 32bit, dan ruang 20GB untuk Windows 8 versi 64bit.
  • Kartu grafis mendukung fitur Microsoft DirectX 9 atau lebih tinggi.


Windows 8 versi 32bit hanya mendukung RAM dengan kecepatan hingga 3GB. Sedangkan versi 64-bit bisa lebih besar dari 3GB. Jika menginginkan kecepatan komputasi lebih tinggi, pengguna disarankan memakai RAM di atas 2GB.

Berita-berita lain seputar Windows 8 dapat disimak di liputan khusus "Windows 8"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com