Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Datang Windows Phone 8

Kompas.com - 30/10/2012, 12:36 WIB


KOMPAS.com - Microsoft telah mengumumkan keberadaan sistem operasi ponsel pintar Windows Phone 8 sejak Juni lalu. Namun baru pada hari Senin (29/10/2012), Microsoft resmi merilisnya dan mengucapkan "Selamat datang kepada Windows Phone 8."

Microsoft memiliki cara yang berbeda dalam memperkenalkan produk barunya. Ketika Windows Phone 8 masih dalam tahap pengembangan, sistem operasi ini telah diumumkan. Sehingga wajar saja, tanggal perilisan resmi ini tidak memberi kejutan berarti. Hal serupa juga terjadi pada Windows 8.

Ada banyak perubahan pada Windows Phone 8. Besar harapan Microsoft agar Windows Phone 8 bisa bersaing dengan Android dari Google, iOS dari Apple, dan BlackBerry dari Research In Motion.

Beberapa produsen ponsel pintar pun telah mengadopsi Windows Phone 8, di antaranya Samsung, HTC, dan Huawei. Dari semua produsen itu, yang paling setia dengan Windows Phone adalah Nokia. Perusahaan asal Finlandia inilah yang paling rajin merilis ponsel Lumia yang berjalan dengan Windows Phone 7. Nokia juga menaruh harapan besar pada Windows Phone 8 untuk membangkitkan bisnisnya di kancah ponsel.

Namun, produsen ponsel besar Sony, belum menyatakan niatnya untuk mengadopsi Windows Phone 8. Jajaran ponsel Xperia dari Sony masih fokus dengan Android.

Selain Windows Phone 8, Microsoft juga telah merilis sistem operasi Windows 8 pada 26 Oktober lalu. Windows 8 tak hanya diperuntukkan ke komputer pribadi saja, tapi ia juga akan berjalan di tablet dan perangkat komputer kategori baru bernama convertible.

Berita terkait seputar Windows 8 dan Windows Phone 8 dapat diikuti di liputan khusus "Windows 8".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com