Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad 4 Diadu Lawan iPhone 5, Mana Lebih Kencang?

Kompas.com - 02/11/2012, 15:01 WIB

KOMPAS.com — Situs web penguji perangkat komputer, Primate Labs, melakukan uji kecepatan kinerja terhadap tablet Apple iPad generasi 4 dengan menggunakan software uji kecepatan Geekbench.

Hasilnya, tercatat bahwa iPad 4 lebih cepat dibandingkan iPad generasi 3 dan iPhone 5.

Berdasarkan data yang dihasilkan Geekbench, iPad 4 mendapat skor 1.757, iPad 3 mendapat skor 791, dan skor iPhone 5 adalah 1.571.

Benchmark iPad 4, iPad 4, iPad 2, dan iPhone 5 - PrimateLabs

Seperti diketahui, iPad 4 dibekali prosesor A6X. Menurut John Poole dari Primate Labs, kecepatan prosesor ini adalah 1,39GHz serta memiliki prosesor grafis quad-core, dan didukung oleh memori RAM 1GB.

Dibandingkan dengan iPad 3 yang menggunakan prosesor A5X, prosesor A6X lebih cepat dua kali lipat.

Jika dibandingkan dengan iPhone 5 yang memakai prosesor A6, prosesor A6X lebih cepat 10 persen.

Tercatat, prosesor A6 pada iPhone 5 memiliki konfigurasi prosesor grafis triple-core untuk mendukung teknologi Retina Display yang membuat layar ponsel pintar ini terlihat tajam dan jernih. Namun, prosesor A6 diklaim lebih irit baterai.

Prosesor A5X, A6, dan A6X, ketiganya menggunakan desain SoC (System-on-a-Chip), yang menggabungkan CPU dan GPU dalam die yang sama.

Apple memperkenalkan iPad generasi 4 (nama resmi iPad with Retina Display) pada 23 Oktober lalu, bersamaan dengan iPad Mini. Apple akan memberhentikan produksi iPad generasi 3 (nama resmi New iPad), lalu menggantikannya dengan iPad 4. Ada tiga komponen yang diperbarui pada iPad 4, antara lain prosesor, dock konektor, dan memperluas jaringan 4G LTE.

Benchmark iPad 4

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com