Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pehobi Foto dari Sabang sampai Papua Turun ke Jalan

Kompas.com - 07/11/2012, 16:15 WIB

Aji Purwoko/ exposure-magz.comPeserta FN Street Hunting 2012 di Kota Palembang, Sumatera Selatan

KOMPAS.com - Apa jadinya jika hunting foto diadakan serentak di 49 kota berbeda di seluruh penjuru Indonesia? Itulah yang diikuti oleh sedikitnya 2.500 orang pehobi foto yang tergabung dalam komunitas Fotografer.net (FN), pada Minggu (4/11/2012) kemarin.

Dalam acara bertajuk "FN Street Hunting 2012", mereka turun ke jalanan di lokasi masing-masing -dari mulai Banda Aceh hingga Sorong, Papua- untuk memotret dan mendokumentasikan denyut kehidupan yang terjadi di kota.

Bukan hanya di Tanah Air, acara ini pun turut diselenggarakan di dua kota di Jepang, yakni Nagoya dan Tsu City.

Penyelenggaranya tak lain adalah para anggota komunitas FN  yang tinggal di dua kota tersebut. Acara ini memang dikoordinasikan dan diselenggarakan secara sukarela oleh para anggota FN.

Untuk menyemarakkan acara, penyelenggara di beberapa kota turut menyediakan doorprize dengan hadiah dari sejumlah pihak pendukung.

FN diklaim sebagai komunitas fotografi online terbesar di Asia Tenggara. Acara "Street Hunting" sendiri terbuka untuk umum tanpa batasan komunitas, usia, atau merek kamera.

Dibandingkan tahun lalu, FN Street Hunting tahun ini mengalami peningkatan dalam hal jumlah kota yang berpartisipasi. "Tahun lalu 35, sekarang jadi 49 kota," ujar co-founder FN Kristupa Saragih dalam keterangan pers yang diterima Kompas Tekno.

Pada 2011, FN Street Hunting diadakan di 35 kota dalam dan luar negeri, termasuk Singapura, Nepal, Uni Emirat Arab, Belanda, Jerman, Austria, dan Swedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com