Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paten "Sudut Membulat" pada Tablet Milik Apple

Kompas.com - 12/11/2012, 11:27 WIB

KOMPAS.com - Portfolio paten Apple bertambah luas dengan tambahan sebuah hak cipta atas hal yang mungkin terdengar konyol, desain sudut membulat pada gadget.

Paten nomer D670,286 yang diajukan Apple pada 2010 lalu itu disahkan oleh Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat  pada 6 November lalu, dengan deskripsi sebagai "desain ornamental untuk perangkat display portable".

Seperti yang bisa dilihat pada ilustrasi, gambaran Apple tentang desain "sudut membulat" tak lain didasarkan pada rancangan tablet iPad generasi pertama.

Dengan demikian, apakah semua produsen gadget yang membuat tablet dengan "sudut membulat" mirip iPad terancam bakal dituntut Apple?

Ternyata tidak juga. Pasalnya, meski kebanyakan mengusung desain yang mirip, paten tersebut menyebutkan bahwa desain yang dimaksud terletak pada sisi luar pinggiran gadget.

Dalam keterangan ilustrasi, wilayah tempat berlakunya paten tersebut digambarkan dengan garis tegas - bukan yang terputus-putus.

Paten ini pun sangat mungkin digugurkan dalam pengadilan karena kurang spesifik. Lebih lanjut, paten ini hanya berlaku untuk tablet dengan rasio display 4:3 seperti yang dipakai iPad, sementara kebanyakan tablet lain (Android) memakai aspect ratio 16:9 atau 16:10.

Seperti dilansir oleh PhoneArena, hal yang paling menarik justru fakta bahwa Apple berhasil mematenkan desain "sudut membulat" tersebut meski sebelumnya dikira mustahil. Ini memicu pertanyaan soal perlunya mengubah metode evaluasi paten oleh Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat.Apple-patents-the-rounded-rectangle (1) Apple-patents-the-rounded-rectangle (2) Apple-patents-the-rounded-rectangle (3) Apple-patents-the-rounded-rectangle (4) Apple-patents-the-rounded-rectangle

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com