Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doku Terapkan Fitur Keamanan Baru

Kompas.com - 13/11/2012, 18:34 WIB

Doku (ki-ka) Himelda Renuat, Chief Marketing Officer DOKU, Thong Sennelius, Chief Executive Officer DOKU, Nabilah Alsagoff, Chief Operating Officer DOKU beserta John Gavan, Chief Executive Officer, Neural Technologies, Stephen Sui, Chief Executive Officer Asia Pacific, Neural Technologies berfoto bersama pada saat acara media briefing untuk business update DOKU di Jakarta (13/11/12)

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat sebuah toko online memang tidak semudah yang dibayangkan. Si calon pemilik harus memikirkan akan seperti apa konsep yang ingin ia jalankan. Ia pun harus menyiapkan produk atau jasa terbaik yang ingin dijual. Selain hal-hal tersebut, si calon pembuat toko online biasanya direpotkan dengan sistem pembayaran onlinenya.

Sistem pembayaran online di Indonesia pun memiliki kendalanya sendiri. Hingga saat ini, transaksi antar bank masih sangat sulit dilakukan. Sebagai contoh, si pembeli tidak bisa melakukan pembayaran karena hanya memiliki kartu kredit dari bank A. Sedangkan si pihak penjual hanya memiliki opsi penjualan bank B.

Masalah tersebut sebenarnya sudah teratasi dengan hadirnya beberapa perusahaan yang menyediakan solusi pembayaran internet. Solusi yang disebut sebagai Gerbang Pembayaran atau Payment Gateway tersebut mengizinkan transaksi antar bank melalui sebuah jalur.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa perusahaan yang menyediakan solusi seperti itu. Salah satunya adalah Doku.

Doku merupakan penyedia solusi pembayaran internet (Payment Solution Provider) asli asal Indonesia yang didirikan pada 2007 yang lalu.

"Doku melayani pembayaran ke beberapa bank melalui sebuah gerbang. Kami pun bekerja secara independen, bukan layanan dari institusi perbankan mana pun," kata Nabilah Alsagoff, COO Doku.

Solusi pembayaran online milik Doku sudah digunakan oleh berbagai bank di Indonesia, seperti BNI, Mandiri, BCA, BRI, Permata, dan Citibank.

Selain itu, mayoritas maskapai penerbangan di Indonesia menggunakan jasa dari Doku.

"Delapan dari sebelas maskapai penerbangan di Indonesia, termasuk Garuda, menggunakan jasa dari Doku," lanjut Nabilah.

Sistem pembayaran Doku, salah satunya, digunakan untuk proses pembayaran tiket via online.

Saat ini, sudah ada sekitar 300 merchant yang menggunakan jasa dari Doku. Untuk tahun depan sendiri, Doku menargetkan 1000 merchant, termasuk dari perusahaan UKM.

Fitur Keamanan

Salah satu hal yang paling diperhatikan oleh merchant dalam mengaplikasikan solusi pembayaran adalah masalah keamanan.

Oleh karena itu, Doku terus menambah fitur keamanan baru. Setelah mengaplikasikan fitur keamanan Fraud Detection System (FDS) dan Early Detection Unit (EDU), Doku pun mulai menggunakan solusi Minotaur dari Neural Technologies.

"Dengan menggunakan Minotaur ini, solusi kami dapat melakukan verifikasi keamanan secara cepat. Selain itu, proses verifikasi pun berjalan secara real time," jelas Nabilah.

Biasanya, verifikasi data dilakukan akan sulit dilakukan dengan cepat, apalagi jumlah data yang harus diproses ribuan jumlahnya dalam sekali waktu. Seringkali sistem gagal dalam memproses hal tersebut.

Walaupun mampu berjalan cepat, Minotaur diklaim mampu memberikan hasil verifikasi yang akurat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com