Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadget "Quad Core" Snapdragon S4 Hadir di 2013

Kompas.com - 13/11/2012, 19:45 WIB

oik yusuf/ kompas.comCountry Manager Qualcomm Indonesia Ben Siagian (paling kanan) befoto bersama perwakilan dari HTC, MLW Telecom, dan Smartfren dalam acara perkenalan anggota baru keluarga prosesor Snapdragon S4 di Jakarta (13/11/2012)

JAKARTA, KOMPAS.com - Trend prosesor "berotak" lebih dari satu terus berlanjut. Kali ini Qualcomm mengumumkan ketersedian dua prosesor empat inti dari keluarga Snapdragon S4 Play, yakni MSM8225Q dan MSM8625Q yang tak lain merupakan versi "upgrade" dari pendahulunya, MSM8225 dan MSM8625.

Bila MSM8225 dan MSM8625 hanya mengandalkan dua buah inti (core), maka dua penerusnya ini telah memiliki jumlah inti empat buah atau dua kali lebih banyak sehingga menjanjikan kinerja yang lebih tinggi.

Country Manager Qualcomm Indonesia Ben Siagian berharap gadget dengan prosesor quad-core dari Qualcomm ini sudah akan bermunculan dalam waktu enam bulan ke depan.

"Pada kuartal pertama 2013, prosesor quad-core Snapdragon S4 ini sudah siap dilempar ke mitra OEM (produsen smartphone atau tablet), setelah itu terserah mereka kapan mau memulai produksi," ujarnya dalam acara perkenalan di Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Sebagai produk anyar, gadget dengan prosesor quad-core Snapdragon S4 ini nantinya akan dijejali berbagai macam teknologi terbaru. Sebut saja dukungan encode dan decode video HD (720p), Bluetooth 4.0, dan bahkan konektivitas FM.

Dalam kesempatan yang sama Qualcomm juga memperkenalkan chip single platform dual-core Snapdragon S4 Plus MSM8930 yang memiliki modem LTE terintegrasi, meski kemungkinan besar kapabilitas itu belum bisa digunakan di Indonesia yang belum memiliki jaringan LTE.

Sama seperti kedua prosesor di atas, chip ini rencananya juga akan mulai dipasarkan pada kuartal pertama 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com