Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Komunitas Kumpul di Kompasianival 2012

Kompas.com - 14/11/2012, 13:05 WIB

KompasianaKompasianival 2012

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompasianival 2012, ajang kumpul dan kopi darat bareng teman-teman blogger serta pengguna media sosial yang dilaksanakan oleh Kompasiana, tinggal menghitung hari.

Pada Sabtu (17/11/2012), bertempat di Skeeno Hall, Gandaria City, Jakarta para pengunjung akan disuguhi oleh berbagai acara menarik yang berada di panggung utama Kompasianival 2012. Semua acara pun dapat Anda nikmati tanpa dipungut biaya, alias gratis.

Yang lebih istimewa, tidak hanya ragam aktivitas di panggung utama yang dapat Anda nikmati. Di Kompasianival 2012, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas bersama puluhan komunitas online dan offline di stan-stan komunitas yang telah disediakan.

Ada beragam komunitas dari beragam peminatan akan hadir di Kompasianival. Tentunya, para anggota komunitas ini juga telah siap membagi informasi apa saja yang Anda butuhkan.

Anda dapat berkenalan dan mencari info sebanyak-banyaknya tentang komunitas yang sesuai dengan minat Anda. Jika Anda tertarik, Anda pun boleh mendaftar dan menjadi anggota dari komunitas tersebut. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti kegiatan-kegiatan rutin komunitas tersebut.

Salah satu komunitas offline yang sudah tidak asing lagi adalah Choin A Chance. Komunitas yang semula berawal dari sebuah gerakan sosial pada Desember 2008, hadir kembali di Kompasianival 2012.

Selain memberikan informasi seputar kegiatan mereka, melalui kesempatan ini, Coin A Chance juga akan mengadakan aktivitas rutin mereka, yakni mengumpulkan receh/uang koin. Uang koin yang terkumpul ini diperuntukkan bagi anak-anak yang kurang mampu agar mereka dapat melanjutkan sekolah lagi.

Di stan Choin A Chance nanti akan disediakan stoples sebagai wadah pengumpul receh. Dari hasil pengumpulan receh tersebut, di hari yang bersamaan, Coin A Chance akan melakukan penghitungan. Penghitungan ini juga dilakukan untuk stoples-stoples Coin A Chance yang berasal dari beberapa titik di Jakarta.

Selain Coin A Chance hadir pula komunitas Milis Popok Kain (MPK). Komunitas offline yang fokus pada penggunaan popok kain ini akan menampilkan berbagai jenis popok kain modern hasil karya anak negeri di stan mereka. Selain itu, MPK akan melakukan demonstrasi penggunaan popok kain modern dengan boneka sebagai medianya.

Tidak hanya melihat, jika Anda ingin membeli popok tersebut, Anda bisa membelinya di stan MPK. Nantinya, uang hasil penjualan popok kain akan masuk dalam kegiatan pengumpulan dana MPK untuk membiayai kegaitan-kegiatan MPK di berbagai tempat lainnya. Layanan konsultasi gratis pun dibuka di stan MPK.

Sebagai tuan rumah, berbagai komunitas online Kompasiana juga akan hadir di Kompasianival 2012. Anda yang hobi fotografi, silahkan cari tahu kegiatan mereka di stan Kompasianer Hobi Jepret (Kampret). Kampret akan mengadakan klinik foto studio di stannya. Yang hobi menulis cerita fiksi, Anda bisa bergabung di stan Fiksiana dan Desa Rangkat.

Selain itu, jika Anda peduli dengan penggunaan internet bagi remaja, bergabunglah bersama komunitas ID Kita. Ada pula Canting, komunitas Kompasiana yang bergerak di bidang sosial. Di stan Canting akan menggelar pengumpulan dana untuk digunakan dalam aktivitas sosial mereka.

Anda penyuka humor? Anda bisa bergabung dengan komunitas Kompasiana, Koplak Yo Band dan Planet Kenthir. Selain komunitas yang telah disebutkan, juga ada komunitas Save Street Child, Kelir TV, Plot Point, ema-emak Blogger,World Vision, Ayah ASI, Akademi Berbagi, Akademi Samali, Greenweb ID, Ableton Indo, WPAP, ARnCo,Blood for Life, Card to Post, Cosplayer Indonesia, Komunitas Kopi Keliling, KOMPAS Muda, NTMC Polri, Komunitas Depok Digital, KOMUTOKU, Blogger Hibah Sejuta Buku.

Jadi, tunggu apa lagi? Luangkan waktu Anda di hari Sabtu (17/11) besok. Datang, dapatkan hadiah, ilmu, dan teman baru di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com