Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Intel Minta Pensiun Dini, Ada Apa?

Kompas.com - 20/11/2012, 12:42 WIB

INTEL Presiden dan CEO Intel Paul Otellini membawa prototipe smartphone yang menggunakan prosesor Intel Atom dan sistem operasi Android dalam Intel Developer Forum 2011 di San Francisco, Selasa (12/9/2011).

KOMPAS.com — Orang nomor satu Intel, Paul Otellini, telah membuat sebuah keputusan yang mengejutkan banyak pihak. Sosok yang telah bekerja selama 40 tahun di Intel ini mengumumkan akan mengambil pensiun dini, lebih cepat dari peraturan perusahaan Intel.

Intel sebenarnya memiliki peraturan yang menyatakan, untuk mengambil pensiun, CEO perusahaan tersebut harus sudah berumur 65 tahun.

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/11/2012), Otellini akan mulai pensiun pada Mei 2013 yang pada tahun tersebut ia baru berumur 62 tahun.

Dewan Direksi Intel mengaku sangat terkejut dengan keputusan Otellini ini. Mereka pun telah berusaha untuk menahan keinginan Otellini untuk mengakhiri kariernya di Intel. Sayangnya, Otellini tetap pada keputusannya ini.

Apa alasan di balik keputusan yang diambil oleh Otellini tersebut? Belakangan ini, pasaran PC dunia memang sedang lesu-lesunya. Para konsumen lebih tertarik untuk membeli dan menggunakan perangkat-perangkat mobile, sebuah zona yang sayangnya memang belum dikuasai oleh Intel.

Intel memang mendominasi pasaran prosesor PC, tetapi masih belum berhasil menunjukkan tajinya di dunia industri mobile. Apple iPad dan iPhone dan beberapa merek perangkat mobile ternama lainnya lebih memilih untuk menggunakan prosesor berbasis ARM.

Sejak berdiri dari tahun 1968, Intel selalu memilih CEO dari kalangan internal. Namun, menurut prediksi para analis, kemungkinan besar Intel akan mengubah kebijakan tersebut. Kini, mereka bisa saja memilih seseorang dari eksternal perusahaan untuk ditunjuk menjadi pemimpin baru.

"Kita semua tahu kalau semua orang menggunakan smartphone dan tablet. Sekaranglah eranya Intel melawan ARM. Jadi, akan lebih baik kalau Intel memilih darah baru dan perspektif baru," kata Patrick Wang, analis dari Evercore.

Dari internal perusahaan Intel sendiri, ada tiga nama yang menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Otellini, yaitu
- Renee James, orang yang bertanggung jawab terhadap masalah software di Intel;
- Brian Krzanich, veteran Intel yang saat ini memiliki jabatan sebagai Chief Operating Officer;
- Stacy Smith, Chief Financial Officer dan Director of Corporate Strategy.

Siapakah yang akan ditunjuk oleh Intel nantinya? Mari kita tunggu saja perkembangannya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com