Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tanpa Samsung, Mustahil Apple Bisa Bikin iPhone"

Kompas.com - 22/11/2012, 14:03 WIB

KOMPAS.com — Apple telah berdamai dengan HTC. Namun, perdamaian ini tak membuat Samsung tertarik mengikuti jejak HTC. Justru, pernyataan terbaru yang terlontar dari pimpinan Samsung makin memanaskan suasana.

Kepala divisi ponsel Samsung, Shin Jong-kyun, menyatakan, Apple tidak mungkin bisa memproduksi iPhone tanpa bantuan teknologi Samsung, pada Rabu (21/11/2012) di Seoul, Korea.

"Kebenaran tak pernah bohong. Tanpa paten wireless (milik) Samsung, Apple tak mungkin bisa memproduksi ponsel," kata Shin Jong-kyun, seperti dikutip dari The Korea Times. "Seperti yang Anda tahu, Samsung sangat kuat dalam hal kepemilikan paten teknologi wireless."

Pernyataan salah satu petinggi Samsung ini menyusul keputusan Komisi Perdagangan Internasional AS (International Trade Commission/ITC) untuk meninjau keputusan sebelumnya bahwa Apple tidak melanggar empat paten milik Samsung.

Badan ini diharapkan dapat mengeluarkan keputusan akhir pada Januari tahun depan. Jika keputusan ini mengabulkan gugatan Samsung, Apple dapat dilarang menjual iPhone dan iPad di AS.

Sebelumnya, Shin menyatakan bahwa Samsung tidak akan bernegosiasi dengan Apple, seperti yang dilakukan HTC.

Kesepakatan yang dihasilkan antara HTC dan Apple membuat keduanya berhak menggunakan beberapa paten secara bebas selama 10 tahun ke depan dan HTC akan melakukan pembayaran yang tidak diungkapkan ke Apple. Semua gugatan antara kedua perusahaan akan dicabut.

Pascaperdamaian tersebut, muncul beberapa rumor bahwa Apple dan Google telah bertemu agar Samsung mau membuat kesepakatan serupa. Namun, hal ini langsung dibantah melalui akun Twitter resmi Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com