Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Street View Mulai Rekam Jakarta

Kompas.com - 23/11/2012, 12:34 WIB

Deliusno/KompasTekno Mobil Google Street View di arena Pekan Produk Kreatif Indonesia 2012

 

JAKARTA, KOMPAS.com Pada pertengahan Oktober lalu, Google dikabarkan sedang menggarap layanan foto pemandangan panorama Street View di Indonesia. Untuk tahap awal, Google dirumorkan telah merekam salah satu obyek pariwisata di Indonesia.

Rumor tersebut pada Jumat (23/11/2012) ini telah terbukti. Bertempat di Jakarta, Google resmi memperkenalkan layanan Street View khusus untuk wilayah Indonesia.

Oleh karena Street View pertama di Indonesia ini berkaitan dengan pariwisata, layanan ini juga diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

"Proyek Google Street View ini akan dimulai dari Kota Jakarta dan akan segera dilanjutkan ke kota-kota lain," kata Mari.

"Kami memiliki 16 destinasi wisata yang akan kami dorong. Kami berharap Google akan mulai melalui tempat-tempat tersebut terlebih dahulu," jelas Mari.

Selain mengambil gambar jalanan sebuah kota, Google memang akan mengambil gambar daerah-daerah pariwisata terkenal di Indonesia.

Selain Mari Elka Pangestu, acara peluncuran Google Street View ini juga dihadiri oleh Product Manager Google, Andrew McGlinchey.

Menurut McGlinchey, pengambilan foto di Jakarta akan dilakukan oleh lebih dari 10 mobil yang dilengkapi kamera 360 derajat.

"Karena Jakarta sangat luas, kami rasa akan dibutuhkan waktu yang sangat panjang untuk proses pengambilan foto ini," jelas McGlinchey.

"Saat kita sudah selesai mengumpulkan gambar yang cukup, maka kita akan buat foto yang diambil tersebut online, bahkan sebelum kami mengambil gambar dari wilayah lain," tutup McGlinchey.

Baca juga:
- Ini Dia Mobil Google Street View yang Bakal Merekam Jakarta

Berita-berita seputar Google Indonesia dapat disimak di liputan khusus "Google Indonesia"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com