Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Street View di Jakarta, Amankah Privasi?

Kompas.com - 24/11/2012, 08:36 WIB

KOMPAS.com/Deliusno

JAKARTA, KOMPAS.com — Google secara resmi memulai proyek Street View di Indonesia. Google baru akan mengambil gambar untuk wilayah Kota Jakarta. Setelah selesai, lalu berpindah ke wilayah lain.

Layanan Google Street View ini mendapatkan sambutan sangat baik dari Pemerintah Indonesia. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Google Street View dapat memberikan gambaran bagi para turis terhadap daerah wisata di Indonesia.

Bahkan, menurut Mari, layanan ini dapat membantu kerja Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Di tengah begitu banyaknya manfaat yang ada, layanan ini masih menyimpan kekhawatiran, yaitu masalah privasi. Tidak semua orang yang tertangkap kamera dari mobil Google ini bersedia ditampilkan secara online.

Untuk mengatasi hal tersebut, Google membuat beberapa policy terkait masalah privasi ini.

"Setiap wajah dan pelat mobil yang hadir di layanan Google Street View ini akan diburamkan (blur)," kata Andrew McGlinchey, Product Manager Google, saat berbincang dengan KompasTekno, Jumat (23/11/2012).

Selain itu, Google menjamin kalau lebih dari 10 mobil mereka yang ada di Jakarta saat ini hanya mengambil gambar di tempat-tempat umum.

Foto-foto yang disajikan melalui layanan Google Street View ini pun tidak dihadirkan secara real-time.

Menurut McGlinchey, proses update layanan ini bisa saja dilakukan dalam 1 hingga 2 tahun setelah proyek selesai.

Bila pengguna merasa privasinya dilanggar, mereka bisa meminta Google untuk menghapus gambar dari suatu wilayah tertentu.

"Jika merasa privasinya terganggu, kirimkan saja permintaan penghapusan gambar ke tim Google beserta alasannya. Kemudian, tim kami akan segera melakukan review, dan secepatnya kami akan menghapus gambar tersebut," ujar McGlinchey.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com