Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 8 Laris, Sebulan Terjual 40 Juta Lisensi

Kompas.com - 28/11/2012, 12:09 WIB

KOMPAS.com - Microsoft berhasil menjual 40 juta lisensi Windows 8 dalam waktu sebulan sejak sistem operasi terbaru itu dirilis 26 Oktober 2012. Penjualan Windows 8 lebih cepat dibandingkan Windows 7 pada tiga tahun lalu.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Keuangan dan Pemasaran Windows di Microsoft, Tami Reller. Namun, ia tidak merinci banyaknya penjualan lisensi antara upgrade oleh konsumen dan dari pembelian komputer baru yang telah dibenamkan Windows 8.

Sistem operasi sebelumnya, Windows 7, berhasil terjual lebih dari 60 juta lisensi dalam 10 pekan pertama sejak dirilis pada 2009.

"Momentum upgrade ke Windows 8 berhasil melampaui Windows 7," kata Reller dalam konferensi investor yang diselenggarakan Credit Suisse, Selasa (27/11/2012).

Menurut lembaga riset teknologi StatCounter, dari sekitar 1,5 miliar komputer pribadi yang ada di dunia, ada 1% atau sekitar 15 juta yang telah menjalankan sistem operasi Windows 8. Perkembangan yang bisa disebut lumayan untuk sebuah sistem operasi baru.

Konferensi investor yang diselenggarakan Credit Suisse ini, adalah penampilan pertama Reller di depan investor sejak ia diangkat sebagai salah satu eksekutif yang menjalankan bisnis unit Windows.

Bersama Julie Larson-Green, Reller dipercaya menggantikan Steven Sinofsky, sosok yang selama ini bertanggung jawab atas pengembangan Windows 8, namun pada akhirnya ia memutuskan hengkang dari Microsoft, 12 November lalu.

Windows 8 tak hanya dirancang untuk komputer pribadi saja, tapi juga untuk komputer tablet. Melalui sistem operasi ini yang dimaksimalkan untuk layar sentuh ini, Microsoft berharap dapat membangkitkan industri PC yang lesu, dan dapat menandingi perangkat tablet Android dan iPad. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com