Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Mau Bikin Prosesor iPad?

Kompas.com - 04/12/2012, 08:33 WIB

apple iPad Mini

 

KOMPAS.com - Saat ini Apple sedang berada dalam posisi yang sulit menyangkup prosesor yang digunakan pada perangkat mobile miliknya, yaitu iPhone, iPad, dan iPod Touch. Perusahaan ini bergantung pada rival besarnya, Samsung, untuk memasok chip prosesor yang digunakan pada produk-produk itu.

Padahal, hubungan antara kedua saingan berat ini tengah memburuk akibat kasus sengketa paten yang tersebar di sejumlah negara di seluruh penjuru dunia. Samsung pun dikabarkan sudah mulai mengurangi pasokan-pasokan komponen ke Apple, termasuk baterai dan prosesor.

Jadilah Apple dikabarkan sibuk mencari pengganti pemasok komponen. Masalahnya, siapa yang bisa menggantikan peran Samsung dalam hal ini?

Nah, Menurut analis RBC Capital Doug Freedman yang dikutip oleh Venture Beat, Apple tengah terlibat pembicaraan dengan Intel terkait masalah pasokan chip untuk gadget populer bikinan perusahaan itu.

Menurut Freedman, agar bisa menjalin kesepakatan dengan Apple, Intel mungkin terpaksa membangun chip ARM untuk iPhone dan iPod Touch. Maklum, selama ini prosesor-prosesor seri "A" milik Apple yang ditanamkan di perangkat-perangkat itu memang menggunakan basis arsitektur tersebut.

Di sini timbul masalah lagi, karena Intel sejauh ini hanya membikin chip berbasis arsitektur x86 bikinannya sendiri. Maka hal sebaliknya pun dapat berlaku: Apple bisa jadi akan mengkonversikan prosesor iPad ke arsitektur x86, seperti ketika produsen itu beralih menggunakan chip intel di komputer-komputer Mac setelah sebelumnya memakai PowerPC IBM.

Hal ini mungkin terdengar tidak masuk akal beberapa waktu yang lalu. Menyuruh Intel membuat prosesor ARM sama saja dengan mamaksanya mengakui keunggulan ARM dalam bisnis hardware perangkat mobile.

Akan tetapi, dengan mundurnya CEO Intel Paul Otellini tahun depan, langkah tersebut kini menjadi mungkin terjadi. Selama ini, Otellini menjadi salah satu figur yang mendukung Intel agar tetap bertahan pada arsitektur x86 miliknya sendiri.

Freedman mengatakan bahwa kebutuhan prosesor Apple akan melewati kapasitas produksi Samsung tahun depan. Sementara, Intel juga dikabarkan meiliki kelebihan sendiri dibanding pesaingnya sesama pabrikan chip, seperti Taiwan Semiconductor (TSMC) atau GlobalFoundries. Dia memperkirakan bahwa kontrak pasokan chip dengan Apple akan bernilai sekitar 2 miliar dollar AS di tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com