Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Siapkan Internet Gratis

Kompas.com - 04/12/2012, 09:24 WIB

(Deliusno/KompasTekno)

 

SINGAPURA, KOMPAS.com — Menurut Google, salah satu alasan mengapa para pebisnis/pengusaha di negara berkembang belum mau memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis adalah masih tingginya harga bandwidth internet.

Sayangnya, tingginya harga layanan internet tidak dibarengi dengan penghasilan yang cukup bagi para pengusaha di negara berkembang, khususnya bagi pengusaha kecil dan menengah (UKM). Banyak pengusaha kecil yang akhirnya memutuskan untuk menjual produknya secara tradisional, hanya melalui toko.

Sadar harga bandwidth internet masih tinggi, Google sedang mengupayakan layanan internet gratis yang disebut Free Zone. Layanan internet gratis ini ditujukkan bagi pengguna ponsel, tidak melalui perangkat desktop PC.

"Tujuh puluh persen ponsel yang ada di pasar berkembang sudah bisa online. Sayangnya, pengguna ponsel tersebut tidak membeli layanan data," kata Nelson Mattos, Vice President of Product & Engineering for Europe and Emerging Markets Google.

Meski gratis, pengguna Free Zone tidak bisa membuka semua situs. Hanya ada tiga layanan yang bisa diakses oleh pengguna, yaitu Gmail, Google Plus, dan Google Search.

Dengan menggunakan Google Search, layanan search engine Google, para pengguna dapat mencari konten yang diinginkan secara gratis. Uniknya, pengguna masih diizinkan untuk membuka tautan hasil pencarian dengan gratis.

Pengguna pun dapat membuka dan membaca pesan elektronik yang ada di Gmail, layanan e-mail milik Google, secara gratis.

"Saat mengakses Gmail dengan menggunakan Free Zone, pengguna tidak hanya bisa membaca e-mail. Mereka juga bisa reply dan forward pesan tersebut," ujar Mattos.

Pengguna pun bisa mengakses layanan jejaring sosial Google Plus. Nyaris semua fitur Google Plus versi PC, seperti menambah teman di lingkaran pertemanan dan memberikan komentar, dapat dilakukan melalui layanan Free Zone ini.

Sayangnya, layanan ini baru hadir di Filipina. Saat ditanya kapan layanan ini tersedia di Indonesia, Google masih belum mau menjawabnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com