Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Incar Paten Kodak, Apple dan Google Akur

Kompas.com - 10/12/2012, 09:42 WIB

KOMPAS.com - Apple dan Google dikabarkan telah bekerja sama untuk membeli 1.100 hak paten milik Kodak. Untuk mendapatkannya, keduanya telah menyiapkan dana lebih dari 500 juta dollar AS.

Nilai sebesar 500 juta dollar AS tersebut dianggap cukup untuk meyakinkan Kodak melepas hak patennya tersebut.

Uniknya, seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (8/12/2012), pada awal tahun ini sebenarnya Apple dan Google telah memiliki konsorsium masing-masing untuk menangani pembelian hak paten tersebut.

Apple memimpin sebuah tim yang beranggotakan Microsoft dan Intellectual Ventures Management LLC.

Sedangkan konsorsium yang dipimpin Google beranggotakan RPX Corp dan beberapa perusahaan manufaktur perangkat mobile asal Asia. Kabarnya, perusahaan manufaktur yang dimaksud adalah HTC, Samsung, dan LG.

Apple dan Google kemungkinan besar akan bergabung karena konsorsium awal mereka tidak mampu menyediakan uang sebesar yang diminta oleh Kodak.

Kodak yang sedang berjuang untuk keluar dari masa keterpurukan tersebut awalnya berharap bisa mendapatkan 2,6 miliar dollar AS dari hak patennya ini, nilai yang akhirnya direvisi hingga 500 juta dollar AS.

Konsorsium dari beberapa perusahaan pesaing untuk membeli hak paten sebenarnya hal yang wajar. Ini merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh agar perusahaan tersebut tidak bertemu di pengadilan hanya karena masalah hak paten.

Sebagai contoh, tahun lalu, konsorsium yang beranggotaan Microsoft, Apple, dan Research In Motion bersama-sama mengeluarkan uang sebesar 4.5 miliar dollar AS untuk mendapatkan hak paten milik Nortel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com