Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Bikin Situs Ala YouTube

Kompas.com - 10/12/2012, 17:27 WIB

Mehr Situs web berbagi video Mehr buatan Iran

KOMPAS.com - Pemerintah Iran terus berusaha memberantas pengaruh Barat di internet. Akhir pekan lalu, pemerintah Iran meluncurkan situs web berbagi video bernama Mehr.

Dalam bahasa Persia, Mehr berarti "kasih sayang." Situs ini punya misi mempromosikan budaya dan kesenian Islam. Pengguna dipersilakan mengunggah video untuk memperkaya konten di Mehr.

Pemerintah Iran mengklaim, Mehr lebih baik ketimbang YouTube.

Negara yang dipimpin Presiden Mahmoud Ahmadinejad, ini menyensor ketat dan mengawasi penggunaan internet oleh warganya, dengan larangan penggunaan peranti lunak virtual private network (VPN).

Situs web jejaring sosial macam Twitter dan Facebook dilarang di sana. Bahkan, pemerintah Iran mulai membatasi penggunaan layanan surat elektronik dari Yahoo, GMail, dan sebagainya. Warga dihimbau pakai layanan surat elektronik buatan lokal, Iran Mail.

Iran berencana mencabut diri dari internet global untuk membuat internet lokal. Tapi, banyak pihak yang mempertanyakan hal itu, apakah Iran benar bisa melepaskan diri dari internet global?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com