Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2013, Pengguna Internet Indonesia Bisa Tembus 82 Juta

Kompas.com - 13/12/2012, 10:10 WIB

oik yusuf/ kompas.com Ketua Umum APJII Sammy Pangerapan (tengah) dan Kepala Departemen Pendaftaran Internet Nasional APJII Valens Riyadi (kedua dari kiri) dalam acara Internet Outlook 2013 di Jakarta, Rabu (12/12/2012)
KOMPAS.com - Sebuah survei yang diselenggarakan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2012 mencapai 63 juta orang atau 24,23 persen dari total populasi negara ini.

Tahun depan, angka itu diprediksi naik sekitar 30 persen menjadi 82 juta pengguna dan terus tumbuh menjadi 107 juta pada 2014 dan 139 juta atau 50 persen total populasi pada 2015.

"Perbandingan pertumbuhan internet Indonesia ini masih sejalan dengan pertumbuhan internet dunia," ujar  Ketua Umum APJII Sammy Pangerapan dalam acara Internet Outlook 2013 di Jakarta, Rabu (12/12/2012), seraya menambahkan bahwa dalam hal jumlah pengguna internet, Indonesia menempati urutan kedelapan di seluruh dunia.

Pengguna internet global sendiri, menurut International Telecommunication Union (ITU) mencapai angka 2, 421 miliar pada 2011 dari 2, 044 miliar pada tahun sebelumnya.

Merata

Kepala Departemen Pendaftaran Internet Nasional APJII Valens Riyadi mengatakan, angka penetrasi internet terhadap populasi menyebar rata di sebagian besar wilayah Indonesia.

Data survei APJII memperlihatkan jumlah terbesar pengguna internet di Indonesia berada di pulau Jawa, tetapi angka penetrasi internet di pulai ini relatif sama dengan daerah-daerah lain.

"Begitupun dengan ibukota-ibukota propinsi termasuk DKI Jakarta, jumlah pengguna internet belum ada yang menyentuh 50 persen dari populasi," jelas Valens.

Indonesia, menurut Valens, memiliki potensi pertumbuhan jumlah pengguna internet lebih tinggi dibandingkan negara-negara maju seperti Korea Selatan di mana angka penetrasi internet telah mencapai kisaran 80 persen. "Tetapi pertumbuhannya mungkin tidak eksponensial karena luasnya wilayah negara ini."

APJII menyelenggarakan survei melalui wawancara dan kuisioner untuk memperoleh gambaran pengguna internet di Indonesia. Survei dilakukan di 42 kota di 31 propinsi antara April hingga Juli 2012, dengan jumlah responden  2.000 orang yang berasal dari ketegori umur 12-65 tahun, status ekonomi sosial A-C. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com