Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PC Mungil Bisa Ubah TV Jadi "Smart TV"

Kompas.com - 13/12/2012, 19:25 WIB

KOMPAS.com/Deliusno Lenovo IdeaCentre Q190

JAKARTA, KOMPAS.com – Lenovo menghadirkan desktop PC full-function terkecil di dunia. Perangkat yang dinamakan IdeaCentre Q190 ini memiliki lebar hanya 22mm atau sekitar 0.86 inci. Dengan bentuknya yang mungil ini, pengguna bebas meletakkan perangkat ini di mana saja, tanpa harus takut kehabisan tempat.

Selain berfungsi sebagai perangkat PC biasa, IdeaCentre Q190 juga bisa menyulap perangkat TV menjadi SmartTV. Dengan menghubungkan perangkat tersebut ke TV, pengguna sudah bisa berselancar di dunia maya dan menjalankan aplikasi, mirip dengan apa yang ditawarkan SmartTV.

Lantas, apa yang membedakan Q190 dengan SmartTV?

“Lenovo IdeaCentre Q190 ini memiliki spesifikasi yang kencang sehingga proses penggunaan akan berjalan lancar. Sedangkan, SmartTV biasanya tidak pakai spesifikasi yang tinggi, terkadang terkesan lemot,” jelas Julius Tjhin, 4P & Distribution Manager – Conusmer Business Lenovo Indonesia, saat berbincang dengan KompasTekno di Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Selain itu, Lenovo IdeaCentre Q190 ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang mendukung kegiatan multimedia, seperti grafik full-HD, 7.1 surround sound, dan pemutar Blu-ray (opsional).

Perangkat desktop PC ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i3 generasi ke-3, Ivy Bridge; RAM hingga 4GB; dan media penyimpanan berkapasitas 1TB.

Untuk terhubung ke internet, pengguna tidak akan direpotkan dengan masalah kabel. IdeaCentre Q190 ini sudah dipersenjatai dengan WiFi, megizinkan pengguna mengakses internet secara nirkabel.

IdeaCentre Q190 juga sudah dilengkapi dengan port konektivitas yang cukup lengkap, seperti USB 2.0, USB 3.0, HDMI, dan card reader 6 in 1.

Sayangnya, desktop PC mungil ini belum dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft terbaru, Windows 8. Untuk penjualannya di wilayah Indonesia, IdeaCentre Q190 baru dilengkapi dengan Windows 7 versi Home Premium.

Lenovo IdeaCentre Q190 akan mulai hadir pada awal Januari 2013 mendatang. Perangkat ini dibanderol dengan harga Rp4.849.000. Dengan harga tersebut, selain mendapatkan satu unit Q190, pengguna juga akan diberikan sebuah layar monitor berukuran 18,5 inci, keyboard, dan mouse.

 

KOMPAS.com/Deliusno

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com