Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Siap Pamerkan "Layar Bengkok" untuk Ponsel

Kompas.com - 21/12/2012, 14:56 WIB


KOMPAS.com - Samsung Display, anak perusahaan Samsung Electronics, dikabarkan bakal mempertontonkan sepasang layar fleksibel di pameran Consumer Electronic Show (CES) yang akan diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat, pada awal Januari 2013.

Teknologi layar fleksibel ini menghasilkan jenis layar yang bisa dibengkokkan. Kelak, mungkin layar yang menggunakan teknologi tersebut akan dipakai di televisi-televisi atau smartphone di masa depan dengan konsep desain yang radikal.

Pengunjung pameran CES 2013 akan bisa menyaksikan sepasang panel display dari Samsung. Pertama adalah layar fleksibel berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1280 x 720 (267ppi) yang diperuntukkan bagi smartphone. Selain itu, Samsung juga akan memamerkan layar berukuran sebesar 55 inci untuk televisi.

Menurut keterangan dari Samsung yang dikutip oleh Cnet, display fleksibel dari perusahaan itu bisa dibengkokkan tanpa patah, tetapi tak bisa digulung.

Selain membuat material utama dari layar fleksibel tersebut, penciptanya harus pula membikin panel touchscreen dan lapisan cover yang menjadi satu kesatuan pada layar.

Samsung sendiri telah mengembangkan layar fleksibel selama beberapa waktu. Pada pameran CES tahun 2011 lalu, produsen elektronik yang sedang naik daun ini mendemonstrasikan layar serupa yang berukuran lebih kecil, 4,5 inci, dengan kepadatan piksel 200 ppi.

Dengan model "layar bengkok" berukuran lebih besar yang akan dipamerkan di CES 2013 ini, Samsung tampaknya berusaha menjaga layar rancangannya agar tetap up-to-date dengan perkembangan tren mobile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com