Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZTE Ikut Ramaikan Pasar "Phablet" Android

Kompas.com - 22/12/2012, 15:27 WIB

Slahsgear ZTE Nubia Z5

KOMPAS.com – Selama ini, ZTE dikenal sebagai produsen yang selalu menghadirkan produk mobile dengan harga murah. Konsekuensinya, perangkat yang diluncurkan ZTE biasanya tidak memiliki spesifikasi yang terlalu bertenaga.

Namun, ZTE tampaknya ingin segera mengubah anggapan tersebut melalui perangkat phablet (smartphone tablet) terbarunya, Nubia Z5.

Dikutip dari Slashgear, Jumat (21/12/2012), phablet ini sudah didukung dengan spesifikasi yang tinggi, seperti prosesor Qualcomm Snapdragon S4 1,5GHz dan RAM 2GB. Selain itu, perangkat Nubia Z5 ini hadir dengan layar berukuran 5 inci yang telah mendukung resolusi Full HD 1920 x 1080.

ZTE pun tidak main-main dalam urusan kamera. Perangkat ini sudah dilengkapi kamera 13 megapiksel pada bagian belakangnya dan 2 megapiksel di bagian depan.

Sistem operasi yang digunakan pun sudah termasuk yang paling baru. ZTE Nubia N5 sudah hadir menggunakan Android 4.1.2 Jelly Bean. Untuk mendukung kegiatan operasional, ZTE sudah mempersenjatai produk ini dengan bateri sebesar 2.500 mAh.

Harga yang dibanderol oleh ZTE untuk perangkat ini tergolong tinggi, jika dibandingkan dengan produk ZTE lain yang sudah beredar di pasaran. ZTE menjual Nubia Z5 dengan kisaran harga 400 dollar AS atau sekitar Rp 4 juta. Selama ini, perangkat ponsel pintar ZTE dijual di kisaran harga 100 hingga 200 dollar AS.

Namun, harga tersebut sebenarnya masih terbilang cukup terjangkau untuk ukuran sebuah perangkat phablet. Sebagai catatan, perangkat phablet milik Samsung, Galaxy Note II dibanderol dengan harga di atas Rp 7 juta di Indonesia.

Sayangnya, untuk sementara, ZTE Nubia Z5 baru beredar di pasaran China saja. Belum ada kabar kapan perangkat ini beredar di luar China.

Phablet merupakan perangkat setengah smartphone setengah tablet. Perangkat ini tidak bisa disebut sebagai smartphone karena layarnya yang terlalu besar, biasanya berukuran 5 hingga 6 inci. Perangkat ini juga tidak bisa disebut sebagai perangkat tablet karena bisa digunakan untuk panggilan suara melalui jaringan GSM. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com