Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Dominasi Ekosistem Android

Kompas.com - 24/12/2012, 10:22 WIB

akudanduniaku.luph-it.comSamsung dan OS Android merajai pasar dunia

KOMPAS.com Berkat Android, Samsung telah menjelma dari "bukan siapa-siapa" menjadi produsen smartphone terbesar di dunia, mengalahkan Apple.

Di ekosistem Android pun, menurut laporan Millenial Media yang dikutip oleh Phone Arena, perusahaan raksasa asal Korea ini telah menjadi pemain paling dominan dengan penguasaan pasar sebesar 46 persen pada kuartal ketiga 2012.

Jumlah itu tumbuh dua kali lipat dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya, di mana Samsung mencatat pangsa pasar 23 persen.

Dalam kurun waktu yang sama, pangsa pasar Android HTC terjun bebas dari 32 persen menjadi 16 persen sehingga mendudukkannya di posisi kedua setelah Samsung.

Keadaan tersebut berbanding terbalik dengan kuartal ketiga 2011, saat HTC masih menjadi produsen Android nomor satu.

millennialmedia.com

Di posisi ketiga dan keempat menyusul Motorola (11 persen) dan LG (9 persen). Pangsa HTC, Motorola, dan LG di pasar perangkat Android terlihat menciut, sementara Samsung mengalami peningkatan signifikan.

Sebanyak 18 persen sisanya, menurut Millenial Media, dikuasai oleh "merek lain". Meski perinciannya tidak disebutkan, ZTE, Huawei, dan Sony kemungkinan menjadi kontributor terbesar.

Millenial Media melakukan riset menggunakan jaringan iklannya yang luas untuk melihat perangkat dari merek apa saja yang mengakses konten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com